Text
Upaya meningkatkan keterampilan menulis narasi dengan menggunakan media gambar seri di kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Jakarta Selatan
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil keterampilan menulis narasi dengan menggunakan media gambar seri pada siswa kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Jakarta Selatan sebanyak 24 siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan McTaggart. Prosedur penelitian merupakan sebuah siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada pelaksanaan penelitian kedudukan peneliti sebagai guru kelas. Penelitian ini menggunakan media gambar seri yang terdiri 2 siklus. Siklus I sebanyak 11 siswa mendapat nilai >70 dengan ketuntasan belajar sebesar 45,8%. Sedangkan hasil pemantau tindakan guru mencapai 85,7% dan pemantau tindakan siswa mencapai 85,7%. Pada siklus II terjadi peningkatan sejumlah 21 siswa memperoleh nilai >70 dengan ketuntasan belajar sebanyak 87,5%. Kemudian pemantau tindakan guru mencapai 100% dan pemantau tindakan siswa mencapai 92,8%. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis narasi siswa dapat meningkat melalui penggunaan media gambar seri.
This research is aimed to increasing the quality of the learning process and the result of narrative writing skills by using series picture media in 4th grades of Menteng Atas 06 Pagi Elementary School, Setiabudi District, South Jakarta. The subject of this research were students of 5th grade around 24 students. This research used Kemmis and McTaggart’s research model. Research procedure was a cycle which consist from planning, implementation, observation and reflexion. In the implementation of research, the position of researchers as a class teacher. This research was done by usingseries picture media consisting of two cycles. In first cycle, 11 students got score more than 70 through the exhaustiveness learning by 45,8%. while the result of teacher’s behavior observation gained 60% and students’ behavior observation gained 65%. Otherwise, in second cycle 21 students got score more than 70 through the exhaustiveness learning attained 87,5%. while teacher’s behavior observation gained 100% and students’ behavior observation gained 92,8%. Therefore, we can conclude that the narrative writing skill could increase by using series picture media.
SS00016238 | SK 16238 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain