Text
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal : penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran IPS siswa kelas V di SDN Makasar 07 Pagi, Kecamatan Makasar Jakarta Timur
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas V pada mata pelajaran IPS. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Makasar 07 Pagi Kecamatan Makasar Jakarta Timur. Responden dalam penelitian ini meliputi satu dosen ahli materi, satu guru kelas V dan 27 siswa SDN Makasar 07 Pagi. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dengan pengumpulan data pengamatan tindakan guru dan siswa, kuisioner siswa dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan desain model Kemmis dan Mc Taggart yaitu melalui tahapan pertama perencanaan, tahapan kedua pelaksanaan tindakan, tahapan ketiga pengamatan tindakan dan tahapan keempat refleksi tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerepan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together yang cocok digunakan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa, yang menekankan pada bertukar pikiran, berkerjasama dan berkelompok sehingga siswa mengalami proses pembelajaran yang mampu meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa. Tiga dimensi kecerdasan interpersonal yang di tingkatkan yaitu social sensitivity, social insight dan social communication.
The purpose of this study is to improve the interpersonal intelligence of class V students in IPS subjects. The research was conducted at SD Negeri Makasar 07 Pagi sub-district Makasar East Jakarta. Respondents in this study include on lecturer material experts, one teacher of class V and 27 students SDN Makasar 07 Pagi. This Studyuses cooperative learning model of type numbered heads together with data collection of teacher and student action observation, studentquestionnaire and documentation. This research uses Kemmis and Mc Taggart model design through the first stage of planning, the second stage of action implementation, the third stage of action observation and the fourth stage of action reflection. The results of this study indicate that the forwarding cooperative learning model of type numbered heads together suitable for improving students interpersonal intellegence, which emphasizes the exchangeof ideas, work together and in groups so that student’s experience the learning process that can improve student’s interpersonal intellegence. The three dimensions of interpersonal intellegence are improved in social sensitivity, social insight and social communication.
SS00016271 | SK 16271 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain