Text
Pengaruh kegiatan bermain terstruktur terhadap kemampuan mengenal warna pada peserta didik dengan autisme kelas III SD : single subject research di SDN Pisangan Baru 10 Petang Jakarta Timur
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain terstruktur terhadap kemampuan mengenal warna pada peserta didik dengan autisme kelas III SD. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik dengan autisme kelas III di SDN Pisangan Baru 10 Petang, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Single Subject Research (penelitian dengan subyek tunggal) dan menggunakan pola desain A-B-A.. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis visual dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kegiatan bermain terstruktur dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna peserta didik dengan autisme. Kegiatan bermain terstruktur berdampak positif pada kemampuan peserta didik dengan autisme dalam mengenal warna. oleh sebab itu, guru dapat menerapkan kegiatan bermain terstruktur dalam pengembangan kemampuan peserta didik di sekolah.
This study aims to find out whether there is influence the structured playing activities towards ability of recognizing colour. Subjects in this study are students with autism in class III at Pisangan Baru 10 Petang Elementary School, East Jakarta. This study uses quantitative approach with Single Subject Research method (study with single subject) and uses A-B-A design pattern. Data collection is done by using observation and documentation. Data analysis techniques use visual analysis under conditions. The results showed that the use of structured playing activities can improve the ability to recognize color of students with autism. Structured playing activities have a positive impact on the ability of students with autism in recognizing color. Therefore, teachers can apply structured playing activities in the development of students' abilities in schools.
SS00016286 | SK 16286 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain