Text
Pembelajaran vokal pada anak RPTRA Pintu Air Pasar Baru
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data yang akurat mengenai proses pembelajaran vokal anak di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Pintu Air. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Penelitian dilakukan selama 3 bulan yaitu dimulai pada bulan Agustus sampai Desember 2017. Hasil penelitian dari data yang dikumpulkan untuk mengetahui Pembelajaran Vokal Pada Anak di RPTRA Pintu Air menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran vokal disetiap pertemuannya memperoleh keterampilan vokal bagi peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, demonstrasi dan drill. Materi yang digunakan antara lain teknik pernapasan, vocalising, lagu nasional, lagu populer anak, dan gerakan sederhana saat bernyanyi. Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi dengan sistem penugasan, yaitu mengulas kembali materi yang pelajari pada hari itu. Ternyata pembelajaran vokal berpengaruh juga terhadap perkembangan sikap anak menjadi lebih disiplin, sopan santun, dan bertanggung jawab. Maka, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran vokal pada ini telah mencapai tujuan dari pembelajaran vokal dan visi serta misi dari RPTRA Pintu Air itu sendiri. Kata Kunci: Pembelajaran vokal, anak usia sekolah dasar, pendidikan musik.
The aim of this study is to get accurate about process vocal learning for kids at RPTRA Pintu Air. The research method used is qualitative research method with descriptive approach, with the data were collectoed through observation, interview, literature study and documentation. This study was held for 3 months, starting from August to December 2017 at RPTRA Pintu Air. The results of the study from the examined data is to know the study of vocal learning for kids at RPTRA Pintu Air showed that the purpose of learning in every week reach vocal skills for students. The method used is lecture method, demonstration, and drill methods. The material used consicts of breahing technic, vocalising, national’s songs, popular kid’s song, and simple dance when they are singing. The evaluation used is homework system, which is reviewing all of the materials were learned on that day. In fact, vocal learning take effecting to student’s attitude whom increasing to be more dicipline. Polite, and responsible. Thus, it can be concluded that the vocal learning process for kids had been reached the purpose from vocal learning and vision mission of RPTRA Pintu Air. Key words: Vocal learning, elementary school age children, music education.
SS00016291 | SK 16291 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain