Text
Pengembangan E-module pada pembelajaran perencanaan sistem komunikasi
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar e-module Modulasi Analog SMK Teknik Elektronika Komunikasi kelas XII. Bahan ajar berupa emodule yang dikembangkan dirancang untuk memudahkan siswa dalam belajar modulasi analog. Belum tersedianya bahan ajar mandiri yang sesuai dengan kebutuhan siswa yang dapat digunakan dengan mudah dan menarik serta memotivasi siswa dalam belajar. Bahan ajar mandiri tersebut harus dapat digunakan tanpa harus adanya bantuan bahan ajar lain. Penelitian ini dilakukan di SMKN 26 Jakarta pada bulan September 2016 – Februari 2017.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan, yaitu mengembangan produk yang sudah ada dan menguji keefektifan modul tersebut. Pengembangan produk ini yaitu bahan ajar berupa e-module Modulasi Analog. Penelitian ini diawali dengan menganalisis kebutuhan siswa kemudian dilakukan perancangan e-module terhadap siswa SMKN 26 Jakarta.
Bahan ajar yang dikembangkan berupa e-module Modulasi Analog sudah memenuhi syarat sebagai bahan ajar mandiri siswa SMK Teknik Elektronika Komunikasi yang didukung oleh penilaian ahli media (95,1 %), guru (97,9 %) dan tanggapan siswa (81,45 %). Hasil belajar siswa sebelum menggunakan e-module rata-rata 63,87 dan sesudah menggunakan e-module 82,67
This study aims to produce teaching materials e-module analog modulation SMK Teknik Elektronika Komunikasi class XII. The teaching materials in the form of e-module that had been developed and designed to help students learn analog modulation. Unavailability of self-teaching materials that suit with the needs of students that can be used easily and attract and motivate students to learn. The self-instructional materials should be used without their help this. This research was conducted at SMK 26 Jakarta on September 2016 – February 2017.
This study using methods Research and Development, which is developing the existing product and test the effectiveness of these modules. The development of this product are teaching materials in the form of e-module analog modulation. This study begins with analyzing the needs of the students then do the designing e-module on students SMK 26 Jakarta.
The teaching materials developed in the form of e-module analog modulation is already qualifies as an independent teaching materials SMK Teknik Elektronika Komunikasi is supported by an expert assessment of the media (95.1%), teachers (97.9%) and the responses of students (81.45%). Student learning outcomes before using e-module average of 63.87 and after using the e-module 82.67
SS00016363 | SK 16363 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain