Text
Pengembangan video simulasi konseling teknik instruksi diri untuk menurunkan kejenuhan belajar pada peserta didik
PENGEMBANGAN VIDEO SIMULASI KONSELING TEKNIK INSTRUKSI DIRI UNTUK MENURUNKAN KEJENUHAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK
EKA YANI MUHAROMAH
No Reg. : 1726149005
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model instruksional, yaitu video simulasi konseling yang menayangkan pelaksanaan konseling dengan teknik instruksi diri. Model instruksional ditujukan untuk guru BK SMA di DKI Jakarta. Model instruksional dikembangkan untuk mengatasi permasalahan kurangnya dukungan dari lingkungan pada penyediaan media belajar untuk guru BK SMA dalam pelaksanaan layanan konseling dengan teknik instruksi diri untuk menurunkan kejenuhan belajar pada peserta didik. Materi yang dikembangkan dalam model instruksional terdiri dari kasus kejenuhan belajar siswa, tahapan konseling teknik instruksi diri, dan kesimpulan. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan Interactive Video (IVD) yang dikembangkan oleh Bergman dan Moore (1990). Tahapan pengembangan Interactive Video (IVD) terdiri dari enam tahap, yakni (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) produksi, (5) pengarangan, (6) validasi. Pengujian produk model instruksional melibatkan ahli materi, media, dan pengguna. Berdasarkan hasil pengujian maka model instruksional dianggap mudah dipelajari, efisien digunakan, sedikit kesalahan, mudah diingat dan memuaskan. Total prosentase skor evaluasi yang dilakukan oleh ahli materi terkait kesesuaian video simulasi konseling teknik instruksi diri dengan teori adalah 71%, serta berdasarkan kegunaannya adalah 75%. Total oleh ahli media skor persentase yang diperoleh adalah 89% dan total persentase skor yang didapatkan dari validasi pengguna adalah 74%.
Kata kunci: model instruksional, video simulasi konseling, teknik instruksi diri, kejenuhan.
TM00005135 | TM 5135 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain