Text
Kualitas pelayanan UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta bagi minat baca mahasiswa : studi deskriptif terhadap mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Negeri Jakarta
Tujuan penelitian untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari aspek kualitas pelayanan UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta yang dapat meningkatkan minat baca mahasiswa Pendidikan IPS Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Responden dalam penelitian ini sebanyak 164 orang. Teknik dalam pengambilan sampel diambil secara acak (random sampling) di Jurusan Pendidikan IPS Universitas Negeri Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tertutup dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif berdasarkan persentase data, kemudian dideskripsikan dalam kalimat. Berdasarkan analisis data diperoleh deskripsi UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta memberikan kualitas pelayanan yang cukup baik bagi mahasiswa Pendidikan IPS Universitas Negeri Jakarta, dengan persentase sebesar 67% yang terdiri dari aspek fisik (tangibles) sebesar 64%, kehandalan (reliability) sebesar 66%, ketanggapan (responsiveness) sebesar 65%, empati (emphaty) sebesar 68% dan jaminan (assurance) sebesar 72%. Minat baca mahasiswa Pendidikan IPS UNJ terhadap kualitas pelayanan UPT Perpustakaan UNJ adalah cukup baik dengan persentase sebesar 65% yang terdiri dari aspek perasaan senang membaca sebesar 63%, kuantitas membaca sebesar 66% dan aspek tersedianya bahan bacaan sebesar 66%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan UPT Perpustakaan UNJ yang diterima mahasiswa Pendidikan IPS cukup baik dalam meningkatkan minat baca terlihat dari keseluruhan aspek di antara keduannya. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Perpustakaan, dan Minat baca
The purpose of the study to determine the shortcomings and advantages of quality aspects of service UPT Library State University of Jakarta that can increase interest in reading students social sciences Education State University of Jakarta. This research is descriptive research using method. Respondents in this study as many as 164 people. Techniques in random sampling (random sampling) in the Department of Education social sciences Jakarta State University. Data collection is done by using a closed questionnaire and. Data analysis technique used is descriptive analysis technique based on data percentage, then described in sentence. Based on the data analysis, the description of UPT Library of Universitas Negeri Jakarta gives good service quality for social sciences Education students of Universitas Negeri Jakarta, with percentage of 67% consisting of 64%, reliability (reliability) of 66%, responsiveness (responsiveness) of 65 %, empathy (empathy) of 68% and guarantee. Interest in reading students of social sciences Education UNJ on the quality of UPT Library services UNJ quite good with a percentage of 65% consisting of reading happy feeling of 63%, the number of reading 66% and the availability of reading materials of 66%. Can be concluded with the quality of service UPT Library UNJ received by social sciences Education students is good enough in improving reading interest seen from the whole aspec. Keywords: Quality of Service, Library, Reading Interest.
SS00016504 | SK 16504 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain