Text
Pengembangan instrumen evaluasi program pembelajaran online
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan instrumen evaluasi program pembelajaran online. Instrumen ini akan digunakan oleh tiga responden, yaitu mahasiswa sebagai pengguna, ahli pembelajaran dan ahli desain platform. Komponen evaluasi pada penelitian ini mengacu pada komponen pedagogi dan komponen tampilan antarmuka yang dikemukakan oleh Badrul Khan dalam teori komponen e-Learning. Proses pada tahapan pengembangan ini mengacu pada prosedur pengembangan instrumen yang dikemukakan oleh Arikunto dan Jabbar. Produk instrumen ini telah dievaluasi secara formatif oleh ahli desain pembelajaran online, ahli evaluasi dan ahli bahasa disetiap tahapan pengembangan. Berdasarkan saran, masukan, dan revisi dari ahli yang telah diberikan selama proses pengembangan, secara umum produk ini telah sesuai dengan standar teori prosedur pengembangan instrumen. Instrumen ini juga dapat dijadikan standar acuan untuk mengevaluasi program pembelajaran online.
The aim of this development research is to produce instrument for evaluation of implementation online learning program. These instruments will be use for three respondents, they are student as user, Instructional expert, and platform design expert. The evaluation components of instrument based on pedagogical issues and interface design issues by Badrul Khan on his e-Learning components theory. Process for the developing instrument also following the formula of instrument development by Arikunto and Jabbar. The product had been evaluated formatively by online instructional design expert, evaluation expert, and language expert on every single steps of this development. According to the suggestions, inputs, and revision from the experts that had been given during the development process, the product generally suitable for theoretical standard of instrument development procedure. It does also can be standard reference for developing instrument for online learning program.
SS00016615 | SK 16615 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain