Text
Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar membaca Arab pada siswa kelas X MAN Jakarta
Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jakarta pada semester I Tahun Ajaran , yang di mulai dari bulan November hingga Desember dengan tujuan guna mengetahui pengaruh mengenai Metode “Tutor Sebaya” dalam meningkatkan hasil belajar bahasa arab siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan populasi penelitian adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta , dan sampelnya adalah siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 sejumlah siswa terdiri dari siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara “Purposive Sampling”, yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi = Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Uji Homogenitas dengan hasil pengelompokan Y dan X mempunyai varians yang Homogen karena hitung 13,65 < tabel , Uji Normalitas yang memiliki data berdistribusi normal dengan hasil Lhitung < Ltabel . Setelah dilakukan tes maka nilai t-hitung yang diperoleh dari adalah sedangkan nilai t-tabel adalah untuk derajat kebebasan (dk= ). Karena t-hitung yang diperoleh lebih besar daripada harga t-tabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H) diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mendapatkan pengaruh yang signifikan dalam hasil belajar siswa yang menggunakan metode “Tutor Sebaya”. Siswa lebih tertarik untuk belajar bahasa arab khususnya pada pelajaran pembelajaran bahasa arab , dan mereka lebih mudah menerimanya, karena metode“Tutor Sebaya” mengajak siswa untuk lebih aktif, dalam belajar, serta dapat mengkaitkan materi pelajaran dengan lingkungan sekitar dan mempraktekannya dalam keseharian mereka. Untuk itu guru sebaiknya menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan belajar mengajar khususnya “Tutor Sebaya” dalam pelajaran bahasa arab.
This research was carried out at the Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jakarta in the first school year 2017-2018, starting from November to December 2017 (with the purpose to know the influence about the method of “Peer Tutor” in improving Arabic learning results of student Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta.
The methods used in this research is a method of experimentation. With the population of the research was the Tenth Grade student of MAN 3 Jakarta, and the sample is the student of class X MIA 1 and X MIA 2 (70 students) consisting of 31 students as control class and 39 students as experiment class. The technique of sampling is done by means of “ Purposive Sampling” i.e. deliberately sampling techniques in accordance with the requirements of the required samples. The instruments used are the multiple choice test. Data analysis techniques used are descriptive statistical and test of hypothesis used are t-test on the significance level 0,05. The t-test results obtained after the homogenity test and normality test. Homogenity Test with results grouping of X and Y have homogeneous variances because X calculate 13,65 < X table 88,25. Normality Test which has a Gaussian data with results L calculate 0,140 < L table 0,142. After the test, the value of t-calculate obtained from 0,05 is 3,07. While the value of t-table is 1,67 to degrees of freedom (dk=68). Because t-calculate obtained is greater than the price of t-table , than the zero hypothesis (Ho) is rejected and the research hypothesis (Hi) accepted. The results of this research show that students get a significant influence in the results of study of students who used the “Peer Tutor” method. Students more interested in learning Arabic particular on lessons learning Arabic, and they becomes more readily accept it, because the “Peer Tutor” method invites students to be more active in learning, as well as be able to associate the subject matter with the environment around and out in their everyday life. For that teachers should use appropiate learning methods with the teaching and learning activities in particular “Peer Tutor” in the Arabic language instructions.
SS00016837 | SK 16837 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain