Text
Kurikulum pembelajaran di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi'in Bekasi Timur
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi’in. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi’in yang beralamat di jalan Buwek Desa Sumber Jaya Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, dan penelitian dimulai dari tanggal 17 Juli – 1 Desember 2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi’in berjalan dengan baik dan positif, baik dari segi tujuan, materi, kegiatan, dan metode. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Kementrian Agama dan dipadukan dengan kurikulum yang digunakan di Pondok Pesantren Salaf dan Modern.yang menambahkan materi pembelajaran yang bersumber dari buku-buku yang digunakan di pondok pesantren salaf dan modern. Adapun peserta berasal dari berbagai kalangan usia mulai dari umur 13 – 16 tahun serta dari domisili yang berbeda- beda.Semua pengajar Bahasa arab merupakan alumni dari pondok pesantren, yang telah memiliki pengalaman di dalam pembelajaran Bahasa Arab. Guru dipondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi'in berjumlah Dua Puluh guru. Tujuh guru lulusan dari berbagai Perguruan Tinggi, dan guru-guru yang lainnya lulusan dari pondokpondok Pesantren. Tujuan pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi’in adalah mempersiapkan siswa agar dapat menguasai 4 keterampilan berbahasa agar mudah dalam memahami pelajaran-pelajaran serta juga agar siswa dapat memahami bacaan mereka ketika melaksanakan ibadah. Adapun materi pembelajaran bersumber dari buku "Durusul Mughoh Arobiyyah " karangan Imam Zarkasyi dan Imam Syubani. Dari nahwu, buku yang digunakan adalah buku Nahwu Wadhih, Jurumiyah dan Imriti. Dari buku shorf, buku shorf Kulliyatul Muallimin Al Islamiyah dan Amtsilah tasrifiyah yang digunakan. Dan untuk pelajaran Insya dan tarjamah, siswa menggunakan tema yang sedang hangat di era saat ini. Buku buku ini merupakan buku wajib dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi’in. Metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu metode gramatikal terjemah, metode langsung, metode Membaca. Media pembelajaran hanya berupa media visual yaitu papan tulis dan buku paket serta LCD Proyektor.
Sedangkan evaluasi pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan pengajar di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi’in berbentuk Evaluasi lisan dan tertulis. Dalam hal ini guru juga mengadakan ujian atau tes akhir seperti yang dilakukan pada sekolah-sekolah pada umumnya.
This study aims to obtain a clear description of the learning of Arabic in Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi'in. This research uses descriptive qualitative method with data collection technique through field observation, interview, and documentation. This research was conducted in Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi'in located at Buwek Sumber Jaya Village, Tambun Selatan, Bekasi, and the research started from 17 July to 1 December 2017. The results of this study indicate that learning Arabic in Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi'in run well and positive, both in terms of objectives, materials, activities, and methods. Curriculum used is the curriculum Ministry of Religious Affairs and combined with the curriculum used in Pondok Pesantren Salaf and Modern.yang add learning materials derived from the books used in boarding salaf and modern school. The students come from various age groups ranging from 13 to 16 years old and from different domicile. All Arabic language teachers are graduated from pesantren, who have experience in Arabic learning. Teachers boarded Pesantren Tarbiyatul Mubtadi'in totaling Twenty teachers. Seven graduate teachers from various universities, and other teachers graduated from boarding schools. The goal of learning Arabic at Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi'in is to prepare students to master 4 language skills in order to be easy in understanding the lessons and also so that students can understand their reading when performing the worship.The learning material comes from the book "Durusul Mughoh Arobiyyah" by Imam Zarkasyi and Imam Syubani. From nahwu, the book used is the book Nahwu Wadhih, Jurumiyah and Imriti. From the shorf book, the book shorf Kulliyatul Muallimin Al Islamiyah and Amtsilah tasrifiyah used. And for the lessons of Insya and tarjamah, students use the theme of being warm in the current era. These books are a compulsory book in learning Arabic in Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi'in.The method used in the learning method is grammatical translation, direct method, method of reading. Learning media only in the form of visual media such as whiteboard and book package as well as LCD Projector. While the evaluation of Arabic learning conducted by teachers at Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi'in in the form of oral and written evaluation. In this case the teacher also holds the final exam or test as is done in the schools in general.
SS00016836 | SK 16836 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain