Text
Pengembangan modul elektronik berbasis Lectora inspire pada mata pelajaran instalasi motor listrik
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kebutuhan modul elektronik (2) mengetahui proses pengembangan modul, (3) mengetahui kelayakan dan (4) mengetahui keefektifan modul elektronik berbasis Lectora Inspire pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) sedangkan model pengembangan produk yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis,Design,Development,Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan soal tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) analisis kebutuhan mengatakan sebanyak 100% siswa belum menggunakan modul elektronik (2) proses pengembangan modul pembelajaran dilakukan dalam lima tahapan utama yaitu Analysis,Design,Development,Implementation, dan Evaluation; (3) pengujian kelayakan didapatkan rata-rata 3,5 dengan kriteria “sangat layak” dan modul elektronik berbasis Lectora Inspire pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik layak digunakan untuk proses pembelajaran; dan (4) pengujian keefektifan dilakukan dengan membandingkan nilai posttest kelas eksperimen dengan nilai posttest kelas kontrol didapatkan hasil nilai Th
SS00016654 | SK 16654 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain