Text
Hubungan antara motivasi berprestasi dan disiplin diri dengan hasil belajar siswa mata pelajaran instalasi tenaga listrik kelas XI : studi kasus di SMK Negeri 34 Jakarta
ABSTRAK
Zulfikar 5115131475, Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dan Disiplin Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Kelas XI (Studi Kasus Di SMK Negeri 34 Jakarta), Program Studi Pendidikan Teknik Elektro – Fakultas Teknik – Universitas Negeri Jakarta, Dosen Pembimbing I Dr. Daryanto, MT. Dan Dosen Pembimbing 2 Dra. Ermi Media’s, MPd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan hasil belajar siswa mata pelajaran instlasi tenaga listrik; (2) Hubungan antara Disiplin Diri dengan hasil belajar siswa mata pelajaran instlasi tenaga listrik; (3) Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Disiplin Diri dengan hasil belajar siswa mata pelajaran instlasi tenaga listrik (studi kasus di SMK Negeri 34 Jakarta), populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik Sebanyak 50 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif asosiatif. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data primer dengan kuesioner (angket); dan data sekunder nilai rapor mata pelajaran instalasi tenaga listrik dari guru pengampu. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana product moment dan regresi ganda dan uji t dengan taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Terdapat hubungan yang positif antara Motivasi Berprestasi dengan hasil belajar siswa mata pelajaran instalasi tenaga listrik, hasil pengujian thitung (5,60) > ttabel (1,68) dengan kontribusi sebesar 31,27%; (2) Terdapat hubungan yang positif antara Disiplin Diri dengan hasil belajar siswa mata pelajaran instalasi tenaga listrik, hasil pengujian thitung (6,04) > ttabel (1,68) dengan kontribusi sebesar 39,00%; (3) Terdapat hubungan yang positif antara Motivasi Berprestasi dan Disiplin diri secara bersama – sama dengan hasil belajar siswa mata pelajaran instalasi tenaga listrik, hasil pengujian thitung (25,53) > ttabel (3,20) dengan kontribusi sebesar 52,07%.
Kata kunci : Motivasi berprestasi, Disiplin Diri, Hasil belajar siswa
SS00016666 | SK 16666 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain