Text
Pengembangan multimedia interaktif tentang informasi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri sesuai zona sekolah domisisli Kecamatan Kebayoran Baru dalam layanan perencanaan individual
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif sebagai media yang layak digunakan dalam layanan perencanaan individual tentang informasi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri sesuai zona sekolah untuk domisili kecamatan kebayoran baru. Penelitian dilakukan di SMP Purnama Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE dengan tiga tahapan, yaitu (1) analisis, (2) desain dan (3) pengembangan. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli dan angket uji coba pengguna. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik evaluasi formatif. Hasil validasi materi menunjukan kategori “sangat layak” dengan persentase sebesar 83,33%. Lalu hasil validasi media menunjukan kategori “sangat layak” dengan persentase sebesar 91,11%. Selanjutnya, hasil uji coba pengguna yang dilakukan kepada 5 orang peserta didik menunjukan kategori “layak” pada aspek media dengan persentase sebesar 81,6%, kategori “layak” pada aspek materi dengan persentase sebesar 79%, dan kategori “sangat layak” pada aspek media dengan persentase sebesar 82%.
This study aimed to develop interactive multimedia as a feasible media to be used in individual planning service regarding High School information according to the school’s zone for Kecamatan Kebayoran Baru resident. The study was conducted at SMP Purnama Jakarta. There were three steps ADDIE research development held, 1) Analysis, 2) Design and 3) Development. The instruments used were expert validation questionnaires and user trial questionnaires. Formative evaluation technique was used in data analysis technique which showed "very feasible" category with percentage of 83.33% in material validation result. In addition, media validation showed percentage of 91.11% which means it is “very feasible” as well. Furthermore, the result of user trial conducted to 5 students showed the category "feasible" on the media aspect with a percentage of 81.6%, the category "feasible" on the material aspect with a percentage of 79%, and the category "very feasible" on media aspect with a percentage of 82%.
SS00016373 | SK 16373 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain