Text
Pengembangan media pembelajaran berupa komik pada materi plantae kelas X SMA
Komik merupakan salah satu media yang dapat diaplikasikan sebagai media pembelajaran. Ketertarikan konteks visual pada komik dapat membantu peserta didik dalam mempelajari konsep Biologi yang rumit. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk komik pada materi Plantae. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Babelan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Terdapat tahapan dalam melakukan penelitian yaitu, Pengumpulan data, pengembangan produk, serta uji kelayakan produk dan revisi merupakan tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian ini. Produk yang telah dikembangkan memperoleh penilaian pada semua uji dengan interpretasi sangat baik. Rata-rata persentase uji kelayakan pada ahli media, ahli materi, ahli bahasa, kelompok kecil peserta didik, kelompok besar peserta didik dan guru Biologi secara berturut-turut adalah 66,75%, 87%, 86,33%, 86,42%, 86,35% dan 87%. Rata-rata persentase skor pada keseluruhan uji adalah 83,31%, yang mengindikasikan bahwa produk yang dikembangkan mendapat interpretasi sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa komik pada materi Plantae yang dihasilkan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada materi Plantae di kelas X SMA
Comics is one of the media that can be applied as a medium of learning. The interest of visual context in comics can help learners to learn complex concepts of biology. Therefore, this study aims to develop the learning media in the form of comics on Plantae material. This research was conducted at SMAN 3 Babelan by using research and development method (Research and Development). There are stages in conducting research that is, data collection, product development, and product feasibility test and revision is the stages passed in this research. The product has been developed to assess all tests with excellent interpretation. The average percentage of feasibility tests for media experts, material experts, linguists, small groups of learners, large groups of learners and teachers of Biology are 66.75%, 87%, 86.33%, 86.42%, 86.35% and 87%. The average percentage score on the whole test is 83.31%, which indicates that the developed product gets very good interpretation. The results showed that the learning media in the form of comics on Plantae material produced eligible to be used as an alternative media learning on Plantae material in the 10th grade of high school
SS00016676 | SK 16676 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain