Text
Meningkatkan sikap tanggung jawab siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) dengan strategi quiz team di kelas V SD : studi penelitian tindakan kelas di SDN Petamburan 05 Pagi Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab pada siswa kelas V SDN Petamburan 05 Jakarta Pusat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Petamburan 05 Jakarta Pusat yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan McTaggart. Prosedur penelitian merupakan sebuah siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus I hasil instrumen kuesioner siswa memperoleh persentase 46,43% dan hasil instrumen pengamatan guru sebesar 57,14% sedangkan hasil pemantau tindakan guru mencapai 60% dan pemantau tindakan siswa mencapai 65%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil instrumen kuesioner siswa mencapai 92,85% dan hasil instrumen pengamatan guru mencapai 94,63% kemudian pemantau tindakan guru mencapai 92,5% dan pemantau tindakan siswa mencapai 95%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan strategi quizteam dapat meningkatkan sikap tanggung jawab siswa kelas V SDN Petamburan 05 Jakarta Pusat. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui kebutuhan dan karakteristik siswa agar dapat merancang pembelajaran yang menyenangkan menggunakan strategi quizteam. Kata kunci : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), strategi quiz team, dan sikap tanggung jawab.
This research is aimed to raise the attitude regarding self-responsibility of elementary students. The subjects of this research were the 5th grader students of Petamburan 05 Elementary School, Central Jakarta with total number of 28 students. This research used Kemmis and McTaggart’s research model. Research procedure was a cycle which consist from planning, implementation, observation and reflexion. In first cycle, the result of students’ questionnaire instrument gained percentage 46,43% and the result of teacher’s observation instrument gained 57,14% while the result of teacher’s behavior observation gained 60% and students’ behavior observation gained 65%. In second cycle, the result of students’ questionnaire instrument has enhanced 92,85% and the result of teacher’s observation instrument gained 94,63%, while teacher’s behavior observation gained 92,5% and students’ behavior observation gained 95%. The result shows that quiz team strategy on civic education learning can enhanced the self-responsibility of the 5th grade students in Petamburan 05 Elementary School, Central Jakarta. Therefore teachersrequired to know students’ characteristics and needs in order to plan fun learning with quiz team strategy.
Keywords: Civic Education, Quizteam Strategy, and attitude regarding self-responsibility
SS00016396 | SK 16396 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain