Text
Strategi pembelajaran Tata Busana untuk siswa Tunarungu di SLBN 02 Jakarta : studi deskriptif di SLBN 02 Jakarta Tingkat SMALB
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendalami strategi pembelajaran tunarungu untuk siswa tunarungu di SLBN 02 Jakarta Tingkat SMALB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan analisis data Miles dan Huberman dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa sekolah menggunakan kurikulum 2013 yang dimodifikasi sesuai kebutuhan dan kemampuan siswa, disekolah siswa juga melaksanakan asesmen akademik dan asesmen non akademik serta asesmen keterampilan. Strategi yang digunakan dalam pembelajaran keterampilan expotition dan individual. Metode yang digunakan metode demonstrasi, metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode drill. Pendekatan yang digunakan pendekatan saintifik dan model yang digunakan adalah model Contextual Teaching Learning (CTL) dan komunikatif. Strategi komunikasi yang digunakan guru adalah Komunikasi Total. Materi yang digunakan berkaitan hal-hal yang konkret berupa membuat rok, sandal kamar cantik, aksesoris busana dan baju modifikasi. Proses keterampilan tata busana terdiri dari 3 tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Evaluasi yang digunakan guru bentuk ulangan harian, uts , dan uas. Guna untuk mengukur pemahaman siswa dalam memahami pembelajaran keterampilan tata busana. Diharapkan pembelajaran tata busana untuk siswa tunarungu ini mampu memberikan pembelajaran kecakapan hidup yang akan berguna untuk menolong diri, mandiri serta mampu berwirausaha. Kata Kunci : Strategi, Pembelajaran Life Skill, Tata Busana, Siswa Tunarungu
This study aims to determine and explore the strategy of impairment learning for impairment students at SLBN 02 Jakarta SMALB Level. This research used qualitative approach with descriptive method. The data was collected through interview, observation and documentation with data analysis Miles and Huberman with three paths namely data reduction, data presentation, and conclusion. The findings revealed that the schools used the modified 2013 curriculum based on the students’ needs and abilities, in the schools the students not only perform academic assessments but also non-academic assessments as well as skills assessments. Strategies used in this study were exposition and individual skill learning. The methods used were demonstration, lecture, question and answer, and drill method. The Contextual Teaching Learning (CTL) and communicatif model is used as a scientific approach in this study. Communication strategy used by teachers is Total Communication. The material used is concerned things are concretely be making skirts, room slippers, fashion accessories and clothes modification. The process of clothing skills consists of 3 stages: the initial activity, the core activities, and the final activities. Evaluations used by teachers are daily, mid-term test, and final test forms. Learning of fashion design is expected to provide learning life skills that will be useful to help themselves, independent and able to entrepreneurship. Keywords: Strategy, Learning of Life Skill, Fashion Design, Hearing Impairment Student
SS00016397 | SK 16397 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain