Text
Peningkatan kemampuan menulis Bahasa Prancis pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Perguruan Ksatrya 51 Jakarta melalui metode Pair check : sebuah penelitian kaji tindak di SMA Perguruan Ksatrya 51 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Prancis siswa kelas XI IPS 4 SMA Perguruan Ksatrya Jakarta melalui metode Pair Check. Metode ini merupakan metode pembelajaraan yang mengutamakan kerja sama dan tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Adapun tahapan pembelajaran dalam metode Pair Check yakni:1)penjelasan materi pembelajaran;2)pembentukan kelompok dan pembagian peran partner dan pelatih;3) guru membagikan soal kepada partner;4)partner menjawab soal dan pelatih mengecek jawaban;5)pertukaran peran;6)guru soal kepada partner;7) partner menjawab soal dan pelatih mengecek jawaban;8)pencocokan jawaban;9)pembahasan jawaban;10)pengecekan kembali;11)pemberian reward. Penelitian ini berlangsung dari bulan Agustus hingga bulan November 2017 dan dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. PTK ini diawali dengan kegiatan observasi kelas dan pemberian pre-test kepada siswa. Nilai rata-rata menulis bahasa Prancis yang diperoleh siswa pada pre-test adalah 59. Nilai tersebut belum mencapai KKM bahasa Prancis, oleh sebab itu diadakan tindakan perbaikan pada siklus I. Proses pembelajaran pada siklus I sudah berjalan sesuai skenario pembelajaran yang direncanakan. Namun, ada beberapa kesulitan yang terjadi saat proses pembelajaran berlangsung yakni, siswa belum mampu bekerjasama dengan pasanganya dan belum mampu melaksanakan perannya dengan baik, selain itu guru masih kesulitan dalam mengelola waktu dan menguasai kelas dalam pembelajaran. Nilai rata-rata menulis bahasa Prancis yang dicapai siswa pada akhir siklus I adalah 73, nilai tersebut masih dibawah standar KKM bahasa Prancis yakni ≥75. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus II berjalan lebih baik dari siklus sebelumnya. Siswa sudah mampu bekerjasama dan bertanggungjawab atas perannya masing-masing. Kemampuan siswa dalam menulis bahasa Prancis pun meningkat, hal ini ditandai dengan nilai rata-rata menulis bahasa Prancis pada akhir siklus II telah mencapai KKM yakni 89 dengan persentase ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan hasil kedua post-test yang telah dilaksanakan selama dua siklus, dapat disimpulkan bahwa metode Pair Check dapat meningkatkan kemampuan menulis bahasa Prancis siswa kelas XI IPS 4 SMA Perguruan Ksatrya 51 Jakarta.
This study aims to improve the ability to write French students class XI IPS 4 SMA Perguruan Ksatrya Jakarta through Pair Check method. This method is a learning method that prioritizes the cooperation and responsibility of students in completing the task given by the teacher. The learning stages in the Pair Check method are: 1) explanation of learning materials, 2) group formation and division of roles of partner and trainer 3) teacher to share questions to partner 4) partner answer questions and trainer check answers 5) role exchange 6 ) the teacher about the partner 8) the partner answers the questions and the trainer checks the answers 9) matching answers 10) answer discussion 10) re-check 11) reward. The study took place from August to November 2017 and was conducted for two cycles, each cycle consisting of two meetings.
This PTK begins with classroom observation and pre-test to students. The average value of French writing obtained by the students on the pre-test is 59. The score has not reached the French KKM, therefore there is an improvement action in cycle I. The learning process in cycle I is already running according to the planned learning scenario. However, there are some difficulties that occur during the learning process that is, the student has not been able to cooperate with his partner and has not been able to perform its role well, besides the teacher is still difficult in managing the time and mastering the class in learning. The average value of French writing achieved by students at the end of the first cycle is 73, the value is still below the French KKM standard of ≥75.
The implementation of learning in cycle II runs better than the previous cycle. Students are able to cooperate and take responsibility for their respective roles. The ability of students in writing French also increased, it is marked by the average value of writing French at the end of the second cycle has reached KKM that is 89 with 100% complete percentage of learning. Based on the results of the two post-tests that have been implemented for two cycles, it can be concluded that Pair Check method can improve the writing ability of French students of grade XI IPS 4 SMA Perguruan Ksatrya 51 Jakarta.
SS00016776 | SK 16776 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain