Text
Pengaruh pertumbuhan penjualan dan kebijakan dividen terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftaar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016
Penelitian ini bertujuan untuk mendapat informasi dan pengetahuan yang benar, sahih, dapat dipercaya, serta dapat dipertanggung jawabkan tentang pengaruh pertumbuhan penjualan dan kebijakan dividen terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2016, baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan dari Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan teknik dalam pengambilan sampel adalah random sampling dan diperoleh 43 sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini juga menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan yang diukur menggunakan persentase kenaikan penjualan dari tahun sebelumnya, Kebijakan dividen diukur dengan Dividend Payout Ratio (DPR) serta Harga Saham diukur menggunakan rata-rata harga penutupan saham. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis uji persyaratan analisis, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda pada tingkat signifikansi 5%. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji regresi parsial (Uji t) dan uji simultan (Uji F) dan uji koefisien determinasi (R2 ). Hasil uji t Pertumbuhan Penjualan menunjukan bahwa nilai thitung 0,05 ) sehingga menunjukan pengaruh yang tidak signifikan. Hasil uji t kebijakan dividen diperoleh nilai thitung untuk variabel kebijakan dividen sebesar 2,675 dan bernilai positif. Hal ini menunjukan bahwa nilai thitung >ttabel atau 2,675> 2,021, maka H0 ditolak Sehingga terdapat pengaruh yang positif antara variabel kebijakan dividen dengan harga saham dengan signifikansi ( 0,011 < 0,05 ) sehingga menunjukan pengaruh yang terjadi signifikan. Sedangkan untuk uji F diperoleh Ftabel sebesar 3,595. Hal ini berarti nilai Fhitung >Ftabel (3,595 > 3,23) maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara variabel pertumbuhan penjualan dan kebijakan dividen terhadap harga saham dengan signifikansi ( 0,037 < 0,05) sehingga menunjukan pengaruh yang terjadi signifikan. pengujian regresi berganda yang telah dilakukan hasil yang diperoleh Ŷ= 6,787 – 0,002X1 + 0,022X2. Nilai R Square ( R2 ) sebesar 0,152 ini berarti pengaruh pertumbuhan penjualan dan kebijakan dividen terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebesar 0,152 atau 15,2%.
Kata Kunci: Pertumbuhan Penjualan, Kebijakan Dividen, Dividen Payout Ratio (DPR), Harga Saham
The purpose of this research is to obtain information and knowledge that is true, valid, reliable and can be justified on the influence of sales growth and dividend policy on stock price at manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016. It used secondary data from Indonesia Stock Exchange. Analytical techniques in sampling is random sampling and retrieved 43 sample of the manufacturing companies were listed on the Indonesia Stock Exchange. This research also uses classic assumption test and hypothesis test to know the influence of sales growth measured using percentage of increase of sales from previous year, dividend policy measured by Dividend Payout Ratio (DPR) and Stock Price measured by average of closing stock price. The analytical method used are descriptive statistical analysis, analysis of classical assumption test, and multiple linier regression analysis at 5% significance level. Hypothesis testing is done by using partial regression test (t test) and test of coefficient of determination (R2). T test results showed that Sales Growth rating tcount < ttable or -0,108 < 2,021 then H0 is accepted so that there is no influence among variable sales growth with stock price with significance (0,915 > 0.05) so that it indicates the effect was not significant. Dividend policy t test results retrieved the value of the variable tcount for dividend policy is 2,675 and is positive. This indicates that the value tcount > ttable or 2,675 > 2,021, then H0 is rejected so that there is a positive influence among variable dividend policy with stock price with significance (0,011 < 0.05) so that it indicates the influence that occurred significant. As for the F-test is obtained F tabel of 3,595. This means the value of the Fcount> Ftable (3,595 > 3,23) then H0 are rejected so that it can be concluded there was an influence among variables of sales growth and dividend policy against the stock price with significance (0.037 < 0.05) so that show the influences that occur is significant. multiple regression testing that has been done the results obtained Ŷ= 6,787 – 0,002X1 + 0,022X2.. The value of R Square (R2) amounting to 0,152 this means the influence of sales growth and dividend policy on company’s stock price in the manufacturing companies listed on the Indonesia stock exchange (idx) of 0,152 or 15,2%.
Keywords: sales growth, dividend policy, dividend payout ratio (DPR), stock price
SS00016912 | SK 16912 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain