Text
Hubungan antara visual merchandising dan atmosfer toko dengan pembelian impulsif Matahari Department Store Arion Mall pada mahasiswa Fakultas Ekonimi Universitas Negeri Jakarta di Jakarta
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan visual merchandising dan atmosfer toko dengan pembelian impulsif Matahari Department Store Arion Mall pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, selama 4 bulan terhitung sejak Januari sampai dengan April 2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik Purposive sampling sebanyak 130 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 32,741 + 0,385 X1 + 0,322 X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smimov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y bernilai sebesar 0,200, X1 bernilai sebesar 0,200, X2 bernilai sebesar 0,200. Karena tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1 menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,324 < 3,056 dan uji linieritas regresi Y atas X2 menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,024 < 3,056, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi Y atas X1 dan X2 menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 52,092 > 3,056, sehingga dapat disimpulkan bahwa, persamaan regresi tersebut signifikan. Selanjutnya, dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 4,887 dan ttabel = 1,65474, Y atas X2 thitung = 5,349 dan ttabel = 1, 1,65474. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, koefisien korelasinya adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi Y atas X1 dan X2 yang diperoleh sebesar 0,402 yang menunjukkan bahwa, 40,2 % variabel pembelian impulsif ditentukan oleh visual merchandising dan atmosfer toko.
The purpose of this research is to know the relation of visual merchandising and store atmosphere with impulsive purchase of Matahari Department Store Arion malls in student faculty of Economics State University of Jakarta. This research was conducted at the Faculty of Economics, Universitas Negeri Jakarta, for the past 4 months since January up to April 2018. Sampling technique is used with a Purposive sampling technique as much as 130 people. The research method used was survey method with the korelasional approach, the population used is the entire student faculty of Economics State University of Jakarta. The resulting regression equation is Ŷ = 0.385 32.741 x 1 + 0.322 x2. Test requirement analysis, namely the test of normality with Kolmogorov-Smimov test with significance level (α) = 5% or 0.05 and generate significant levels of Y-value of 0.200 0.200 of value, x 1, x 2 worth of 0.200. Because the level of significance of 0.05 > third variables then it can be inferred that the Gaussian data and can be used in subsequent analysis. Test linieritas regression of Y over X 1 produces Fhitung < Ftabel i.e. 1.324 3.056 and test linieritas < regression of Y over X 2 produce Fhitung < Ftabel i.e., 1.024 3.056 Ftabel IE, 52.092 > 3.056, so it can be inferred that the regression equation, significant. Next, do a test of t and Y generated over X 1 thitung = and ttabel = 4.887 1.65474, Y over X 2 = 5.349 thitung and ttabel = 1, 1.65474. Thus, it can be concluded that, korelasinya coefficient is positive and significant. Determination of the coefficient of Y over X 1 and X 2 are acquired for 0.402 indicating that, 40.2% variable impulsive purchases is determined by visual merchandising and store atmosphere.
SS00016919 | SK 16919 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain