Text
Hubungan kebiasaan belajar dan kepercayaan diri dengan hasil belajar mata pelajaran pengantar administrasi umum pada siswa kelas X di SMK Negeri 31 Jakarta Pusat
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan kepercayaan diri dengan hasil belajar pada seluruh siswa kelas X di SMK Negeri Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung dari bulan Februari 2018 sampai dengan April 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 31 Jakarta Pusat. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 119 siswa. Data variabel Y (Hasil Belajar) merupakan data sekunder berupa nilai Ulangan Harian (UH) mata pelajaran Pengantar Administrasi Umum, X1 (Kebiasaan Belajar) dan X2 (Kepercayaan Diri) merupakan data primer menggunakan kuesioner atau angket dengan model skala Likert. Teknis analisis data menggunakan SPSS 24.0. Hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan Fhitung (43,971) > Ftabel (3,07), hal ini berarti secara serentak X1 dan X2 berhubungan dengan Y. Uji t menghasilkan thitung X1 (3,371) > ttabel (1,980), dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar. Kemudian thitung X2 (2,218) > ttabel (1,980), maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan memiliki persamaan regresi berganda Ῠ = 19,822 + 0,436 X1 + 0,304 X2. Uji koefisien korelasi (R) yaitu sebesar 0,657 termasuk ke dalam kategori hubungan yang kuat. Uji koefisien determinasi (R2) sebesar 42,1% yaitu masing-masing variabel X1 dan X2 menyumbang pengaruh sebesar 42,1% kepada Y dan sisanya 57,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
This study aims to determine the positive and significant relationship between learning habits and self-confidence with the results of learning in all students of class X in SMK Negeri Central Jakarta. This research was conducted for three months starting from February 2018 until April 2018. The research method used is survey method. The affordable population in this study is all students of class X in SMK Negeri 31 Central Jakarta. The sample used in this research is 119 students. Y variable data (Learning Results) is secondary data in the form of Daily Deuteronomic (UH) subjects Introduction to General Administration, X1 (Habits of Learning) and X2 (Self Confidence) is the primary data using questionnaires or questionnaires with Likert scale models. Technical data analysis using SPSS 24.0. The result of F test in the ANOVA table gives Fcount (43,971)> Ftable (3.07), this means simultaneously X1 and X2 corresponds to Y. The t test produces tcount X1 (3,371)> ttable (1,980), it can be concluded that there is a relationship a positive and significant between learning habits and learning outcomes. Then tcount X2 (2,218)> ttable (1,980), it can be concluded there is a positive and significant relationship between confidence with learning outcomes. Based on the results of data analysis, it has multiple regression equation Ῠ = 19,822 + 0,436 X1 + 0,304 X2. Test the correlation coefficient (R) that is equal to 0.657 belong to the category of strong relationship. Test of coefficient of determination (R2) equal to 42,1% that each variable X1 and X2 contribute influence equal to 42,1% to Y and the rest 57,9% influenced by other factor not examined.
SS00016933 | SK 16933 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain