Text
Hubungan antara efikasi diri dan keterampilan komunikasi dengan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 46 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang negatif dan signifikan antara efikasi diri dan keterampilan komunikasi dengan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 46 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan terhitung dari bulan Februari 2018 sampai dengan Maret 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan observasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 46 Jakarta. Populasi terjangkaunya yaitu siswa kelas X Program Keahlian Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran di Smk Negeri 46 Jakarta. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 58 orang mahasiswa baru dengan teknik acak proporsional. Data variabel Y (Kecemasan Berbicara di Depan Umum), X1 (Efikasi Diri), merupakan data primer dengan menggunakan International Standardized Scale model skala Likert dan X2 (Keterampilan Komunikasi) merupakan data primer melalui tekhnik observasi. Teknik analisis data menggunakan SPSS 22.0. Hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan F hitung (7.829) > F tabel (3,16), hal ini berarti secara serentak X1 dan X2 berhubungan dengan Y. Uji t menghasilkan - t hitung X1 (-2,375) < - t tabel (-2,001), dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara Efikasi Diri dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Kemudian, - t hitung X2 (-3,185) < - t tabel (-2,001), maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara Keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan memiliki persamaan regresi berganda = 90.595 + (0,551) X1 + (- 0,233) X2. Uji koefisien korelasi (R) yaitu sebesar 0,661 termasuk ke dalam kategori hubungan yang kuat. Uji koefisien determinasi (R²) sebesar 47,2%, yaitu masing-masing variabel X1 dan X2 menyumbang pengaruh sebesar 47,2% kepada Y dan sisanya 52,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kata kunci: Kecemasan Berbicara di Depan Umum, Keterampilan Komunikasi, Efikasi Diri
This study aims to determine relationship between Self Efficacy and Communication Skill with Public Speaking Anxiety among X Grade Student Of Automation And Office Management Program at Vocational High School 46 Jakarta. This research was conducted for two months strarting from February 2018 until March 2018. The research used survey and observation method. The population in this study is all of class X student at SMK Negeri 46 Jakarta. The reachable population is class X student student Of Automation And Office Management Program at SMK Negeri 46 Jakarta. Technic of sampling using proportional random sampling with 58 responnder. Y varible (Public Speaking Anxiety), X1 (Self Efficacy), is the primary data using International Standardized Scalewith Likert scale mode and X2 (Skill Communication) is the primary data using observation. Data analysis technique using SPSS 22.0. F test result is F count (7.829) > F table (3,16), in this case X1 and X2 varibles simultaniously has relationship with Y variable. T test produce X1- t count (-2,375) < - t table (-2,001), it means there is negative and significant relationship between X1 with Y. X2 - t count (-3.185) < - t table (-2,001), it means there is negative and significant relationship between X2 with Y. Based the analysis of multiple regression equation obtained equation = 90.595 + (-0,551) X1 + (- 0,233) X2. The value of coefficient correlation (R) is 0,0661 which is categorized as a strong relationship. Based of determination coefficient (R²) test obtained value 47,2% which means self efficacy (X1) and sosial support (X2) have an effect on self adjustment (Y) equal to 47.2% and the rest 52,8% influenced by other variables that are not researched.Keywords: Public Speaking Anxiety, Communication Skill, Self Efficacy
SS00016941 | SK 16941 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2021.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain