Text
Hubungan antara sikap dan norma subjektif dengan niat pembelian secara online di Tokopedia.Com pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta di Jakarta
Hubungan antara sikap dan norma subjektif dengan niat pembelian secara online di Tokopedia.com pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta di Jakarta. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, selama 6 bulan, yaitu terhitung sejak Februari 2018 sampai Juni 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara sikap dan norma subjektif dengan niat pembelian secara online di Tokopedia.com pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive sampling sebanyak 160 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 38,652 + 0,236 X1 + 0,195 X2. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan tingkat signifikansi (α) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan Y bernilai sebesar 0,200, X1 bernilai sebesar 0,200, X2 bernilai sebesar 0,200. Karena tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1 menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,322 < 3,053 dan uji linieritas regresi Y atas X2 menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,093 < 3,053, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi Y atas X1 dan X2 menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 15,665 > 3,053, sehingga dapat disimpulkan bahwa, persamaan regresi tersebut signifikan. Selanjutnya, dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 3,329 dan ttabel = 1,65462, Y atas X2 thitung = 3,195 dan ttabel = 1,65462. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, koefisien korelasinya adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi Y atas X1 dan X2 yang diperoleh sebesar 0,166 yang menunjukkan bahwa 16,6 % variabel niat pembelian secara online ditentukan oleh sikap dan norma subjektif.
The Correlation Between Attitude and Subjective Norm With Intention Purchase Online at Tokopedia.com on Student Faculty of Economics State University of Jakarta in Jakarta. This research was conducted in The Faculty of Economics Student in State University of Jakarta, for 6 months, starting from February 2018 to June 2018. The purpose of this study is to determine the correlation between attitude and subjective norm with intention purchase online at Tokopedia.com in Faculty Of Economic Student, State University of Jakarta. The research method used is survey method with the correlation approach, population used are student in The Faculty of Economics Student in State University of Jakarta. The sampling technique used technique of Purposive sampling as many as 160 people. The resulting regression equation is Ŷ = 38,652 + 0,236 X1 + 0,195 X2. Test requirements analysis that estimates the error normality test regression of Y on X1 with Kolmogorov-Smirnov test with significance level (α) = 5% or 0,05 estimates significance of Y equal to 0,200, X1 equal to 0,200, X2 equal to 0,200. Because the significance level is> 0.05 it can be concluded that the data is normally distributed and can be used. Testing linearity of regression Y on X1 produces Fcount < Ftable is 1,322 < 3.053 and testing linearity of regression Y on X2 produces Fcount < Ftable is 1.093 Ftable which, 15,665 > 3,053, meaning that the regression equation is significant. Then performed the test significance correlation coefficient using t test and the resulting tcount > ttable, tcount = 3,329 and ttable = 1,65462 and performed the test significance correlation coefficient using t test and the resulting tcount > ttable, tcount = 3.195 and ttable = 1,65462. It can conclude that is possitive and significant. The coefficient of determination Y on X1 and X2 obtained by 0,166 indicating that, 16,6% variable intention purchase online is determined by the attitude and subjective norm.
SS00016975 | SK 16975 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain