Text
Hubungan antara motivasi belajar dan gaya belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa di SMKN 10 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat untuk memperoleh data empiris dan fakta-fakta yang tepat, sahih, valid, serta dapat dipercaya dan diandalkan tentang hubungan antara motivasi belajar dan gaya belajar dengan hasil belajar pada siswa di SMKN 10 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMKN 10 Jakarta. Selama empat bulan terhitung sejak bulan Febuari 2018 sampai dengan Juni 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah Siswa Kelas X di SMKN 10 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik acak sederhana sebanyak 100 siswa. Sedangkan teknik analisis penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar, hipotesis ini dibuktikan dengan nilai thitung (7,107) > ttabel (1,67). (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar, hipotesis ini dibuktikan dengan nilai thitung (6,233) > ttabel (1,67). Persamaan regresi linear berganda yang diperoleh adalah Ŷ = 29,075 + 0,303X1 + 0,185X2. Sedangkan persamaan regresi sederhana adalah Ŷ = 36,455 + 0,426X1 dan Ŷ = 48,946 + 0,282X2 . Hubungan antara Motivasi dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar diperoleh dari hasil koefisien korelasi ganda sebesar 0,794 . Jadi kemampuan dari variabel Motivasi Belajar dan Gaya Belajar untuk menjelaskan Hasil Belajar mendapatkan hasil koefisien determinasi sebesar 62,3% sedangkan sisanya 37,7 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar dari penelitian ini.
This study aims to obtain appropriate knowledge to obtain empirical data and facts that are appropriate, valid, valid, and reliable and reliable about the relationship between learning motivation and learning styles with learning outcomes in students of SMKN 10 in Jakarta. This research was conducted at SMK Negeri 10 Jakarta. For four months starting from February 2018 to June 2018. The research method used is survey method with correlational approach, population used is Class X Student SMKN 10 in Jakarta. The sampling technique used is a simple random technique of 100 students. While the analysis technique of this research using multiple linear regression. The hypothesis of this study shows that: (1) There is a positive and significant correlation between Learning Motivation with Learning Outcomes, this hypothesis is proved by tcount (7,107)> ttable (1.67). (2) There is a positive and significant relationship between Learning Styles and Learning Outcomes, this hypothesis is proved by tcount (6,233)> ttable (1.67). The multiple linear regression equation obtained is Ŷ = 29,075 + 0,303X1 + 0,185X2. While the simple regression equation is Ŷ = 36,455 + 0,426X1 and Ŷ = 48,946 + 0,282X2 The correlation between Motivation and Learning Style with Learning Outcomes is obtained from the result of double correlation coefficient of 0.794. So the ability of Learning Motivation and Learning Style to Explain Learning Outcomes get the coefficient of determination of 62.3% while the remaining 37.7% influenced by other factors outside of this study.
SS00016972 | SK 16972 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain