Text
Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X akuntansi dan keuangan lembaga SMK Negeri 17 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 17 Jakarta. Penelitian dilakukan selama dua bulan terhitung dari bulan April sampai dengan Mei tahun 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 17 Jakarta yang berjumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotionate stratified random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 58 siswa. Data variabel (Y) prestasi belajar merupakan data sekunder yang diperoleh dari nilai produktif akuntansi. Data variabel (X1) status sosial ekonomi orang tua merupakan data sekunder yang diperoleh dari penghasilan orang tua siswa. Sedangkan data variabel (X2) motivasi belajar diperoleh dari menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai Fhitung (26,478) > Ftabel (3,160), sehingga status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar. Pada variabel X1 diketahui bahwa thitung (5,356) > ttabel (2,004), sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar. Pada variabel X2 diketahui bahwa thitung (4,563) > ttabel (2,004), sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar. Besarnya pengaruh variabel status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar secara serentak terhadap prestasi belajar (R2) adalah 49,1% dengan nilai R sebesar 0,491. Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
This study aims to determine the Influence between Socioeconomic Status of Parents and Motivation Learning to Learning Achievement to Accounting Student Class X in SMK Negeri 17 Jakarta. The study was conducted for two months from April to May 2018. The research method used is survey method. The population is affordable in this study are accounting students of class X SMK Negeri 17 Jakarta, amounting to 70 students. The sampling technique using proportionate stratified random sampling so that the sample obtained 58 students. The variable data (Y) of learning achievement is secondary data obtained from productive value accounting. The variable data (X1), socioeconomic status of parents is secondary data obtained from the income of parents students. While the variable data (X2), obtained from the learning motivation using questionnaires and documentation. Based on the results of data analysis, obtained the value of Fcount (26,478) > Ftable (3,160), so the socioeconomic status of parents and motivation learning together affect the learning achievement. In variable X1 is known that tcount (5,356) > ttable (2,004) so it can be concluded that part there is a significant influence between the socioeconomic status of parents and learning achievement. In the variable X2 known that tcount (4,563) > ttable (2,004) so it can be concluded that part there is a significant influence between motivation learning with learning achievement. The magnitude of the socioeconomic status variables influence parents and motivation learning simultaneously against the learning achievements (R2) is 49,1% with 0,491 R-value. Keywords: Socioeconomic status of parents, Motivation Learning, Learning Achievement.
SS00017225 | SK 17225 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain