Text
Pengaruh efikasi diri dan regulasi diri dalam belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X SMKS 3 Taman Siswa Jakarta Pusat
Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara efikasi diri dan regulasi diri dalam belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X SMKS 3 taman siswa jakarta pusat. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan, yaitu bulan Mei-Juni 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMKS 3 Taman Siswa Jakarta Pusat. Sedangkan populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKS 3 Taman Siswa yang berjumlah 135 siswa. Dengan beracuan pada table Isaac dan Michael maka jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 95 responden. Teknik pemilihan responden menggunakan proportional random sampling, yaitu menggunakan metode acak proportional. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan dengan skala likert. variabel Prestasi Belajar (Y) merupakan data sekunder diambil dari rapot sekolah semester genap tahun ajaran 2017/2018. Variabel Efikasi Diri (X1) merupakan data primer yang menggunakan replika New General Self-Efficacy (NGSE) dari peneliti Gilad Chen, et.al. Variabel Regulasi Diri dalam Belajar (X2) merupakan data primer yang di peroleh dari penyebaran kusioner penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, pertama uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Kedua uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Ketiga uji regresi linear berganda. Keempat uji hipotesis yang berisi uji t dan uji F. Perhitungan terakhir yaitu analisis koefisien determinasi thitung pada variabel Efikasi Diri sebesar 2,392 dan thitung pada variabel Regulasi Diri dalam Belajar sebesar 2,276. Dimana ttabel sebesar 1,986, maka dapat disimpulkan variabel efikasi diri dan regulasi diri dalam belajar memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar. Karena thitung > ttabel. Sedangkan untuk Uji F, didapati Fhitung sebesar 14,809 > Ftabel sebesar 3,10. Ini berarti terdapat pengaruh secara simultan antara variabel Efikasi Diri dan Regulasi Diri dalam Belajar terhadap Prestasi Belajar karena Fhitung > Ftabel. Persamaan regresi berganda memperoleh hasil Ŷ=68,043+0,4128X1+0,052X2. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,244. Ini berarti variabel Efikasi Diri (X1) dan Regulasi Diri dalam Belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar (Y) sebanyak 24,4%. Kata Kunci: Efikasi Diri, Regulasi Diri dalam Belajar, Prestasi Belajar
The purpose of this research was conducted to determine the effect between self efficacy and self-regulated learning to academic achievement in students of class X SMKS 3 Taman Siswa Central Jakarta. This research was conducted for two months, that is from May to June 2018. The method used in this research is survey method. The population in this study were all students of SMKS 3 Taman Siswa Central Jakarta. While the population is affordable in this study are students of class X SMKS 3 Taman Siswa, amounting to 135 students. With reference on the table Isaac and Michael the number of samples in this study as many as 95 respondents. The technique of selecting respondents using proportional random sampling, that is using proportional random method. For data collection researchers use with Likert scale. Academic Achievement variable (Y) is secondary data taken from school graduate semester of the academic year 2017/2018. The Self Efficacy Variable (X1) is the primary data using a replica of New General Self-Efficacy (NGSE) from researcher Gilad Chen, et.al. Self Regulation Variables in Learning (X2) is the primary data obtained from the research questionnaire spread. Data analysis technique used is, first test requirement analysis consisted of test of normality and test of linearity. Both classical assumption tests consist of multicolinearity test and heteroscedasticity test. The three multiple linear regression tests. The fourth hypothesis test that contains t test and F test. The last calculation is the coefficient of determination t calculation on Self efficacy variables of 2.392 and t count on Self-Regulation in Learning variables of 2.276. Where t table of 1.986, it can be concluded self efficacy variables and self regulation in learning has a significant positive effect on academics achievement. Because tcoount > ttable. As for Test F, found Fcount equal to 14,809> Ftable equal to 3,10. This means there is a simultaneous influence between Self Efficacy and Self-Regulation variables in Academic Achievement because Fcount> Ftable. Multiple regression equation obtained result Ŷ = 68,043 + 0,4128X1 + 0,052X2. The coefficient value of determination R2 is 0,244. This means self-efficacy variables (X1) and Self-Regulated Learning (X2) on Achievement Learning (Y) as much as 24,4%. Keywords: Self Efficacy, Self Regulated Learning, Academic Achievement
SS00017179 | SK 17179 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain