Text
Implementasi metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pemeliharaan chasis dan pemindah tenaga di SMK Teratai Putih Jakarta
MPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN CHASIS DAN PEMINDAH TENAGA DI SMK TERATAI PUTIH JAKARTA
Oleh :
Baskoro Adhi Nugroho
No.Reg : 5315141186
ABSTRAK
Motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Pemeliharaan Chassis dan Pemindah Tenaga (PCPT) kelas XI-TKR 4 SMK Teratai Putih Jakarta masih tergolong rendah karena model pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang variatif sehingga siswa merasa bosan dan hasil belajar pun rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu metode pembelajaran yaitu metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD).
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PCPT kelas XI-TKR 4 SMK Teratai Putih Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama satu siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih tiga bulan dari tahap perencanaan sampai dengan tahap refleksi terhitung dari bulan Maret sampai Mei 2018 di SMK Teratai Putih Jakarta.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ternyata sangat efektif dan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar PCPT siswa kelas XI-TKR 4 SMK Teratai Putih Jakarta. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase angket motivasi dengan skor rata-rata kelas yang dihasilkan sebesar 78 dan masuk kedalam kategori tinggi dengan rentang persentase yang berada pada 65 < X < 84. Sedangkan untuk Hasil belajar, hasil yang dicapai yaitu semua siswa telah mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata kelas sebesar 85,45.
SS00017404 | SK 17404 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain