Text
Peningkatan keterampilan menulis akademik berabahasa Arab melalui pendekatan kontekstual : penelitian tindakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKADEMIK BERBAHASA ARAB MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL (Penelitian Tindakan Di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta) Abstrak Muhammad Kamal bin Abdul Hakim
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara rinci mengenai proses dan hasil peningkatan keterampilan menulis akademik bahasa Arab melalui pendekatan kontekstual pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FBS UNJ. Penelitian ini dimulai minggu kedua Februari sampai dengan minggu pertama Juni 2016 tahun akademik 2015-2016, adapun subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester VI kelas B Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini menggunakan model Elliot dengan konsep tujuh tahapan dalam satu siklus yaitu: identifikasi gagasan awal, temuan dan analisis fakta, perencanaan umum, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi dan perbaikan. Hasil peningkatan dalam penelitian tindakan ini, pada proses pembelajaran, aspek konstruktivisme mencapai 85%, pada aspek inquiri mencapai 85%, pada aspek bertanya mencapai 85% pada aspek masyarakat belajar mencapai 85%, pada aspek pemodelan mencapai 85%, pada aspek penilaian otentik mencapai 80%, dan pada aspek terakhir refleksi mencapai 85%. Sedangkan nilai rata-rata tes awal (pretest) 65,30, nilai rata-rata tes akhir siklus I 73,25, nilai rata-rata tes akhir siklus II 77,40, dan nilai rata-rata tes akhir siklus III 84.1. Berdasarkan data ini menunjukan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis akademik bahasa Arab mahasiswa.
Kata Kunci: Peningkatan, menulis akademik, pendekatan kontekstual
DD00002300 | D 2300 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain