Text
The use of synchronous and asynchronous Computer-Mediated Communication (CMC) in callaborative writing
ABSTRAK
YUNINGSIH, The Use of Synchronous and Asynchronous Computer-Mediated Communication in Collaborative Writing. Tesis. Program Master Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. (Agustus, 2018)
Gabungan penggunaan Computer-Mediated Communication (CMC) yang sinkron dan tidak sinkron dalam menulis secara kolaborasi telah meningkatkan kesempatan untuk mendalami tugas berkolaborasi secara online yang mampu memberikan keuntungan yang signifikan. Penelitian ini berfokus pada penggunaan Computer-Mediated Communication (CMC) yang sinkron dan tidak sinkron dalam menulis secara kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana proses berkolaborasi dalam menulis terjadi memlalu pengunaan dua media, - Google Hangout dan Pbworks, dan kemudian menentukan seberapa besar peningkatan kualitas tulisan mahasiswa dalam menulis teks argumen. Penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan tipe-tipe interaksi dalam berkolaborasi yang terjadi, dan akhirnya menemukan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan dua jenis CMC dalam menulis secara berkolaborasi. Design penelitian ini adalah studi kasus dengan kualitatif dan kuantitatif pengumpulan dan analisa data. Data didapatkan dari (1) 18 data transkrip percakapan melalui Google Hangout dan 18 data transkrip komentar melalui Pbworks, (2) 18 tulisan argumen yang ditulis mahasiswa, (3) kuesioner, dan (4) interview. Penelitian ini dilaksanakan sejak Nopember hingga Desember 2017 di Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom, yang melibatkan 43 mahasiswa dari program studi Manajemen Informatika. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas tulisan argumen mahasiswa baik secara holistik maupun analitik meningkat walaupun tidak terlalu tinggi. Secara keseluruhan, banyak mahasiswa masih bingung dalam memberikan claim dan proposition terhadap argumen yang mereka berikan. Sedangkan untuk jenis interaksi yang terjadi, baik yang menggunakan Google Hangout maupun Pbworks, jenis interaksi sosiocognitif lebih tinggi daripada jenis interaksi sosioafektif dan organisasional, yang dalam hal ini mempunyai arti bahwa para mahasiswa dalam berkolaborasi mereka lebih fokus terhadap penyelesaian tugas secara bersama-sama dibandingkan bergaul dengan anggota yang lain ataupun merencanakan dan mengevaluasi tugas. Terakhir mengenai persepsi dan refleksi, para mahasiswa mempunya persepsi yang positif terhadap penggunaan kedua jenis CMC dalam menulis secara berkolaborasi.
Keywords: Computer-Mediated Communication (CMC), CMC sinkron, CMC tidak sinkron, Menulis secara berkolaborasi, Teks Argumen.
TM00005580 | TM 5580 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain