Text
Pengaruh media pembelajaran visual dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar administrasi umum pada siswa kelas X di SMK Tamansiswa 3 Jakarta
ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara media pembelajaran visual dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar Administrasi Umum Pada Siswa Kelas X di SMK Tamansiswa Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan, yaitu bulan Maret β Mei 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Tamansiswa 3 Jakarta dan dengan beracuan dengan tabel Isaac dan Michael maka didapatkan jumlah sample sebanyak 100 siswa. Teknik pemilihan responden menggunakan proportional random sampling, yaitu menggunakan metode acak proportional. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Ketiga variabel yaitu Hasil Belajar (Y), Media Pembelajaran Visual (X1) dan Kompensasi (X2) merupakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner penelitian. Untuk mendapatkan data Hasil Belajar (Y) diperoleh dari nilai UTS mata pelajaran Administrasi Umum semester ganjil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, pertama uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji lineraritas. Kedua uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolineraritas dan uji heteroskedastistas. Ketiga uji regresi linear berganda. Keempat uji hipotesis yang berisi uji t dan uji F. Perhitungan terakhir yaitu analisis koefisien determinasi. thitung pada variabel Media Pembelajaran Visual sebesar 5,974 dan thitung untuk variabel Kemandirian Belajar yaitu sebesar. 5,975. Dimana ttabel sebesar 1,664, ini berarti terdapat pengaruh signifikan parsial variabel Media Pembelajaran Visual dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar. Karena thitung > ttabel. sedangkan untuk Uji F, didapati hasil Fhitung sebesar 56,731 > nilai Ftabel sebesar 3,09. Di mana dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara variabel Media Pembelajaran Visual dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar. karena Fhitung > Ftabel. Persamaan regresi berganda memperoleh hasil αΊ = 24.532 β 0,346X1 β 0,302X2. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,539. Ini berarti variabel Media Pembelajaran Visual (X1) dan Kemandirian Belajar (X2) berpengaruh terhadap Hasil Belajar (Y) sebanyak 53,9%
SS00017480 | SK 17480 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain