Text
Social strategies used by senior high school students in speaking activities
ABSTRAK
Dalam pembelajaran bahasa asing, ada beberapa strategi pembelajaran bahasa yang dapat digunakan oleh siswa. Strategi sosial adalah salah satu dari strategi pembelajaran bahasa yang dapat membantu kemampuan siswa untuk belajar bahasa dan juga kemampuan bersosialisasi dengan orang lain khususnya dalam aktifitas berbicara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk melihat penggunaan strategi sosial di dalam aktifitas berbicara yang dilakukan di kelas 11 SMA Labschool dan menggambarkan apa yang dilakukan siswa untuk menerapkan strategi sosial dalam aktifitas berbicara. Data dari penelitian ini, diambil melalui observasi ruang kelas dan wawancara, menggunakan video dan pedoman wawancara. Sumber data dari penelitian ini adalah ucapan, tindakan, sikap dan gerak gerik siswa dan guru kelas 11 di SMA Labschool Jakarta. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa ada tujuh strategi sosial digunakan oleh siswa SMA Labschool Jakarta dalam aktifitas berbicara. Enam dari strategi sosial diantaranya menanyakan pertanyaan untuk mengkonfirmasi, menanyakan pertanyaan untuk mengklarifikasi, bekerja sama dengan pengguna mahir/ guru, bekerja sama dengan teman sebaya, mengembangkan pemahaman budaya dan sadar akan perasaan orang lain itu adalah strategi yang berdasarkan pada teori dan satu strategi tambahan yang dibuat oleh siswa seperti berbicara dengan seorang penutur asli adalah strategi yang berdasarkan kegiatan pembelajaran di dalam ruang kelas.
SS00017533 | SK 17533 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain