Text
Pendidikan di daerah perbatasan : studi kasus di Kecamatan Krayan Kalimantan Utara
PENDIDIKAN DI KAWASAN PERBATASAN
(Studi Kasus di Kecamatan Krayan Kalimantan Utara)
FARID WADJDY
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebijakan pemerintah dalam
pengelolaan pendidikan, peranserta masyarakat, dan aksesibilitas. Metode
yang digunakan adalah kualitatif dibingkai teori dengan pendekatan studi
kasus. Hasil penelitian tentang kebijakan pemerintah; pemberlakuan
kebijakan khusus dalam bantuan operasionasi sekolah nasional, memberikan
dana blockgrand, tunjangan khusus daerah perbatasan bagi guru dan tenaga
kependidikan. Peranserta masyarakat adalah membangun asrama secara
gotong royong, memberikan bantuan makan siswa tinggal di asrama, kepala
adat berperan legalisasi tanah sekolah, pelestarian budaya melalui kegiatan
ekstrakurikuler. Pelaksanaan pendidikan berupa peningkatan nasionalisme
dibantu Tentara Nasional Indonesia, sarana dan parasarana sekolah di
bawah standar nasional, guru dan karyawan kurang disiplin, dan
kepengawasan belum berfungsi maksimal. Aksesibilitas masih sulit karena
terhalang oleh pegunungan dan sungai, hanya dapat dijangkau dengan
pesawat perintis, guru setelah mendapat tugas ke luar daerah, terlambat
masuk kerja 2 minggu, sekolah tidak ada jaringan internet, para guru untuk
dapat mengakses internet dengan meninggalkan tugas sampai satu minggu.
Keyword: Kebijakan publik, peranserta masyarakat, dan aksesibilitas
DD00002318 | D 2318 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain