Text
Peningkatan kemampuan menulis Bahasa Prancis melalui pendekatan aksional pada siswa kelas X MIA 2 di SMA Negeri 86 Jakarta : sebuah penelitian tindakan kelas
ABSTRAK
Skripsi ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik kelas X MIA 2 di SMA Negeri 86 Jakarta melalui penerapan pendekatan aksional. Dalam proses pembelajaran dengan pendekatan aksional terdapat tiga langkah operasional, yaitu : 1) Tâche préliminaire, 2) Phase de la réalisation, dan 3) Retour sur la forme. Penelitian ini berlangsung dari bulan Januari s.d Maret 2018 dan terbagi dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan.
PTK ini di awali dengan observasi pembelajaran di kelas dan pemberian pre-test kepada siswa. Nilai rata-rata yang diperoleh adalah 56,2. Pada siklus 1, kegiatan belajar mengajar berjalan sesuai dengan perencanaan dengan pendekatan aksional. Namun masih terdapat kekurangan seperti siswa kesulitan membuat kalimat sederhana, mengkonjugasi kata kerja, dan siswa masih pasif. Pada akhir siklus 1, hasil nilai rata-rata post-test 1 yang diperoleh siswa adalah 73,5.
Pelaksanaan siklus 2 berjalan lebih baik dari sebelumnya. Siswa sudah aktif di kelas dan dapat mengkonjugasi kata kerja serta dapat merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat dalam sebuah karangan bahasa Prancis dengan struktur yang benar. Peningkatan dalam kemampuan menulis bahasa Prancis ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata tes menulis pada akhir siklus 2 yaitu 80,8.
Berdasarkan hasil post-test kedua yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis bahasa Prancis siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran pendekatan aksional.
SS00017983 | SK 17983 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain