Text
Pengaruh lingkungan belajar dan efikasi diri terhadap sikap siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 11 Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah lingkungan belajar dan efikasi diri memiliki pengaruh terhadap sikap siswa pada mata pelajaran ekonomi. Dasar penelitian ini adalah karena rendahnya sikap terhadap mata pelajaran ekonomi dan untuk meneliti penyebab dari rendahnya sikap di sekolah ini, terutama faktor penyebab berasal dari lingkungan belajar dan efikasi diri. Kurang kondusifnya lingkungan belajar hal ini ditandai dengan rendahnya kemampuan sebagian guru untuk melakukan kreativitas dan inovasi dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kondusif, Rendahnya sikap siswa pada mata pelajaran ekonomi yang ditunjukkan dengan kurang aktifnya siswa saat pembelajaran sedang berlangsung dan sikap mudah menyerah dalam menghadapi tugas yang diberikan. Kemudian, penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis) sebagai metode untuk memperoleh hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 61,2%, selanjutnya efikasi diri memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 51,6%, selanjutnya Terdapat pengaruh tidak langsung antara lingkungan belajar terhadap sikap siswa pada mata pelajaran ekonomi yang dimoderati oleh efikasi diri berkontribusi sebesar 0,141. Artinya, lingkungan belajar mempengaruhi sikap siswa pada mata pelajaran ekonomi dimoderatori oleh efikasi diri sebesar 14,1%.Implikasi dari hasil penelitian ini adalah peningkatan lingkungan belajar yang kondusif dan pemberian motivasi agar siswa memiliki kepercayaan diri yang lebih baik pada saat proses pembelajaran berlangsung guna menghasilkan sikap siswa yang positif pada mata pelajaran ekonomi.
SS00018036 | SK 18036 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain