Text
Konstruksi gender dalam Cerpen majalah Femina tahun 2017 : suatu kajian feminisme
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi gender yang terbagi atas: identitas gender, peran gender, dan relasi gender yang terdapat dalam cerpen majalah Femina tahun 2017. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, yakni teknik baca-cacat untuk mengumpulkan data. Sumber data penelitian ini yaitu cerpen majalah Femina tahun 2017. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari pendekatan feminisme. Hasil penelitian menunjukkan adanya identitas gender, peran gender, serta relasi gender pada cerpen majalah Femina tahun 2017. Berdasarkan data yang diteliti terdapat 99 data terkait konstruksi gender. Psikologis tokoh sebanyak 41% (41 data), data terbanyak antara lain perempuan digambarkan: (1) teguh pendirian, (2) emosional, (3) cengeng. Laki-laki digambarkan: (1) rasional, (2) temperamen, (3) ambisius. Fisiologis tokoh sebanyak 14% (14 data), data terbanyak menunjukkan perempuan digambarkan sebagai sosok yang cantik, yang mampu menarik perhatian lawan jenisnya. Laki-laki digambarkan sebagai sosok yang tampan, postur tubuh tegap dan tinggi, serta kuat. Sosiologis tokoh sebanyak 18% (18 data), data terbanyak menunjukkan perempuan telah mampu mengerjakan apa yang dikerjakan oleh laki-laki, serta melakukan pekerjaan rumah tangga sekaligus. Melalui aspek sosiologis, laki-aki sering diperlihatkan berada di wilayah publik dengan jenis aktivitas yang beragam. Ditemukan 19 data terkait peran gender. Peran domestik ditemukan sebanyak 3% (3 data), yang kesemuanya ditempati oleh perempuan. Peran publik ditemukan sebanyak 16% (16 data), ditempati oleh perempuan dan laki-laki. Adapun realsi gender ditemukan 7% (7 data), 6% menunjukkan relasi ketidaksetaraan dan 1% menunjukkan relasi setara. Penelitian ini secara khusus dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII yaitu menganalisis unsur pembangun cerpen. Adapun saran yang dapat disampaikan peneliti supaya bisa menjadi acuan untuk pembelajaran bagi guru untuk mengembangkan materi.
SS00018115 | SK 18115 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain