Text
Peningkatan hasil belajar kemampuan menulis Bahasa Prancis pada siswa kelas X Tata Busana 1 SMKN 27 Jakarta melalui metode Task based learning : sebuah penelitian tindakan
ABSTRAK
Anggita Yolanda. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Kemampuan menulis Bahasa Prancis pada Siswa Kelas X Tata Busana 1 SMKN 27 Jakarta Melalui Metode Task Based Learning, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian Tindakan ini bertujuan meningkatkan hasil belajar kemampuan menulis bahasa Prancis siswa kelas X Tata Busana 1 SMKN 27 Jakarta melalui model Pembelajaran Berbasis Tugas. Adapun tahapan pembelajaran dalam model Pembelajaran Berbasis Tugas yakni : 1 Pre-task. 2. Task cycle, 3. Language focus Penelitian ini berlangsung dari bulan Februari hingga bulan Mei 2018 dan dilaksanakan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan.
PTK ini diawali dengan kegiatan observasi kelas dan pemberian pre-test kepada siswa. Nilai rata-rata kemampuan menulis bahasa Prancis yang diperoleh siswa pada pre-test adalah 62. Nilai tersebut belum mencapai KKM bahasa Prancis, oleh sebab itu diadakan tindakan perbaikan pada siklus I. Proses pembelajaran pada siklus I sudah berjalan sesuai kegiatan pembelajaran yang direncanakan. Namun, siswa belum terbiasa dengan metode Task Based Learning, siswa masih belum memahami perintah yang diberikan ketika mengerjakan tugas siswa belum mampu mengerjakan tugasnya secara individu, masih ada beberapa siswa yang mengerjakan bersama temannya. Selain itu guru masih kesulitan mengelola waktu dan kelas dalam kegiatan pembelajaran. Nilai rata-rata kemampuan menulis bahasa Prancis yang dicapai siswa pada siklus I adalah 73, nilai tersebut masih dibawah nilai KKM bahasa Prancis yakni ≥75.
Pelaksanaan pembelajaran pada siklus II berjalan lebih baik dari siklus I. Siswa sudah terbiasa dengan metode Task Based Learning, mampu memahami materi pembelajaran dengan baik sehingga siswa tidak lagi mengalami kesulitan dalam memahami perintah tugas, dan sisiwa sudah mengerjakan tugasnya dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kemampuan tata bahasa Prancis siswa pada akhir siklus II telah mencapai KKM yakni 89 dengan persentase ketuntasan belajar 100%.
Berdasarkan hasil kedua post-test yang telah dilaksanakan selama dua siklus, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Task Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan menulis bahasa Prancis siswa kelas X Tata Busana 1 SMKN 27 Jakarta.
Kata kunci : Hasil Belajar, Kemampuan Menulis Bahasa Prancis, Task Based Learning
SS00018120 | SK 18120 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain