Text
Evaluasi program pendidikan kewirausahaan melalui kegiatan ekstrakurikuler student company di SMKN 26
EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER STUDENT COMPANY DI SMKN 26 JAKARTA
Firmansyah
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi program pendidikan kewirausahaan melalui kegiatan ekstrakurikuler Student Company di SMKN 26. Penelitian evaluasi ini menggunakan gabungan antara CIPP dan Kirkpatrick model. Kesimpulan hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) konteks program sesuai dengan arah kebijakan pemerintah mengenai adanya kegiatan ekstrakurikuler, pendidikan kewirausahaan di sekolah, serta program Junior Achievement yang menjadi landasan berdirinya Student Company di Indonesia (91.6%); (2) faktor pendukung pelaksanaan program termasuk kategori sesuai (71.8%); (3) proses pelaksanaan program termasuk kategori cukup sesuai (61.4%), ditemukan beberapa ketidaksesuaian antara pelaksanaan dengan rencana, tujuan program, serta standar pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Tingkat kepuasan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Student Company termasuk kategori cukup puas (68%), fasilitas, SDM, materi, serta aktivitas yang dilakukan masih harus diperbaiki; (4) tingkat pemahaman konsep kewirausahaan dalam kategori baik (77.23) dan menunjukkan perbedaan pemahaman kewirausahaaan antara siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Student Company (4.98%). Keterampilan siswa dalam membuat proposal bisnis dalam kategori kurang baik (41.6%) sedangkan penerapan nilainilai kewirausahaan siswa dalam kategori cukup baik (66.9); (5) tingkat self-efficacy siswa termasuk kategori sedang (53.25%), program belum sepenuhnya dapat menumbuhkan minat berwirausaha siswa. Kata kunci: modifikasi CIPP and Kirkpatrick model evaluasi, pendidikan kewirausahaan, Student Company.
TM00005689 | TM 5689 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain