Text
Cognitive domain in the instruction of the learning the learning activities of "Bright"an English textbook for 7th grade junior high school
ABSTRAK
ANISYA WIDYA SARI. 2018. Ranah Kognitif dalam Instruksi di Kegiatan Pembelajaran pada “Bright” Buku Pelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa kelas 7 Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. Jakarta: Program Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Juni 2018.
Ranah kognitif berhubungan dengan pengembangan pemahaman, kemampuan dan ketrampilan intelektual. Pengembangan ketrampilan berpikir semestinya diartikulasikan dalam buku pembelajaran dengan menerapkan ranah kognitif pada kegiatan yang tersedia dalam buku tersebut. Taksonomi Bloom yang Direvisi (BRT) merupakan instrumen yang berguna untuk evaluasi buku pembelajaran dan alat yang tepat untuk menganalisis proses kognisi buku pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kognisi dan ukuran pengetahuan pada kegiatan pembelajaran pada buku “Bright”. Penelitian kualitatif ini menggunakan analisis konten sebagai metode. Data penelitian terdiri dari 202 instruksi di kegiatan pembelajaran pada buku pelajaran yang dikodifikasikan mengacu pada proses kognisi dan ukuran pengetahuan berdasarkan Taksonomi Bloom yang Direvisi oleh Krathwohl (2002). Hasil penelitian mengungkapkan semua proses kognisi digunakan dalam kegiatan pembelajaran diantaranya Mengingat dengan 59 kali kemunculan, Menerapkan dengan 54 kali kemunculan, Memahami dengan 39 kali kemunculan, Menganalisis dengan 25 kali kemunculan, Membuat dengan 21 kali kemunculan, dan Mengevaluasi dengan 4 kali kemunculan. Kemudian, ukuran pengetahuan yang tersebar pada kegiatan pembelajaran adalah Pengetahuan Fakta tersebar 107 kali dengan presentase 52,97%, Pengetahuan Konsep 54 kali dengan presentase 26,73%, Pengetahuan Prosedural 41 kali dengan presentase 20,29%, sedangkan Pengetahuan Metakognisi tidak muncul. Hasil menunjukkan, kegiatan pembelajaran yang terdapat didalam buku masih berada pada tingkat rendah menurut Taksonomi Bloom yang Direvisi. Penelitian ini berimplikasi pada penulis buku dan guru untuk lebih selektif dalam menyajikan kegiatan pembelajaran pada buku pelajaran.
Kata kunci: Ranah kognitif, kegiatan pembelajaran, buku pelajaran
SS00018607 | SK 18607 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain