Text
Efektivitas metode cooperative learning model think talk write dalam pembelajaran pola kalimat Bahasa Jepang pada siswa kelas XI SMA Sandikta Bekasi
ABSTRAK
Alfirah Mayasary. 2018. Efektivitas Metode Cooperative Learning Model Think Talk Write dalam Pembelajaran Pola Kalimat Bahasa Jepang pada Siswa Kelas XI SMA Sandikta Bekasi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang muncul dalam pembelajaran bahasa Jepang siswa kelas XI MIPA 3 SMA Sandikta Bekasi. Berdasarkan hasil penelitian awal diketahui bahwa sekitar 43,33% siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran bahasa Jepang, dengan presentase sebesar 40% yang menyatakan pola kalimat merupakan kendala dalam pembelajaran bahasa Jepang. Menurut Syafri (2007:124), Cooperative Learning menjadi alternatif metode yang dapat digunakan untuk pembelajaran bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Cooperative Learning model Think Talk Write dalam pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang pada siswa kelas XI SMA Sandikta Bekasi.
Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 orang siswa kelas XI MIPA 3 SMA Sandikta Bekasi tahun ajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tulis dan non-tes (angket). Hasil data post-test yang diberikan setelah dilakukan treatment sebanyak empat kali dianalisis dengan dengan teknik kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 46,34 dan nilai rata-rata posttest 83,31, sehingga terdapat perbedaan nilai rata-rata sebesar 36,97. Dari nilai yang telah dihitung diperoleh hasil thitung 14,004, sementara ttabel dengan taraf signifikasi 5% pada derajat kebebasan (db) = 68 sebesar 1,995. Sehingga thitung lebih besar ttabel (thitung ttabel ), yang berarti Hk diterima dan Ho ditolak. Kemudian setelah menghitung rata-rata normalized gain, diperoleh nilai sebesar 0,71 yang interpretasikan termasuk dalam kriteria sangat efektif.
Berdasarkan hasil angket diketahui bahwa 91,43% menyatakan bahwa metode Cooperative Learning model Think Talk Write cocok untuk pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang, 82,86% menyatakan bahwa metode Cooperative Learning model Think Talk Write dapat meningkatkan motivasi siswa terhadap pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang. Berdasarkan kedua data tersebut dapat disimpulkan terdapat efektivitas pada penerapan metode Cooperative Learning model Think Talk Write dalam pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang.
Kata Kunci : Efektivitas, Cooperative Learning, Think Talk Write, Pola Kalimat Bahasa Jepang
SS00018912 | SK 18912 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain