Text
Pengembangan media pembelajaran pengenalan katup pneumatik berbasis augmented reality dengan sistem android di SMK Bunda Kandung Jakarta
ABSTRAK
Shanty Muflihawati, Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Katup Pneumatik Berbasis Augmented Reality di SMK Bunda Kandung Jakarta. Skripsi. Jakarta, Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2019. Dosen Pembimbing: Dr. Daryanto, MT. dan Massus Subekti, MT.
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk pelajaran pneumatik dengan materi pengenalan katup pneumatik. Media pembelajaran ini diuji oleh ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran pneumatik di SMK Bunda Kandung Jakarta, dan siswa kelas XII TOI 1 SMK Bunda Kandung Jakarta.
Penelitian dilakukan di SMK Bunda Kandung Jakarta dari bulan Agustus 2018 sampai Desember 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research & Development), sedangkan model pengembangan produk yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation).
Berdasarkan hasil penilaian kelayakan, hasil penilaian oleh media memperoleh persentase sebesar 76%, hasil penilaian oleh ahli materi sebesar 82,25%, dan hasil penilaian oleh siswa sebesar 81,3%. Dari perolehan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pengenalan katup pneumatik berbasis augmented reality dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pneumatik di kelas XII TOI 1 SMK Bunda Kandung Jakarta. Berdasarkan hasil unjuk kerja aplikasi pada smartphone yang dimiiki siswa dan guru, media pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Pengembangan, dan Katup Pneumatik.
SS00019326 | SK 19326 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain