Text
Implikasi manajemen sumber daya pendidik terhadap kualitas pendidik di Sekolah Dasar Islam At-Taqwa Kampus Rawamangun Jakarta Timur
IMPLIKASI MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK TERHADAP KUALITAS PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM AT-TAQWA KAMPUS RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR
Rafika Rachmawati
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi manajemen sumber daya pendidik terhadap kualitas pendidik di Sekolah Dasar Islam At-Taqwa Kampus Rawamangun Jakarta Timur, dengan subfokus rekrutmen dan seleksi sumber daya pendidik, pembinaan sumber daya pendidik, dan penilaian kinerja sumber daya pendidik. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Oktober 2018-Februari 2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, studi dokumentasi, dan studi pengamatan. Informan kunci dari penelitian ini adalah kepala sekolah. Adapun informan pendukungnya adalak pengurus Yayasan, wakil kepala sekolah, dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rekrutmen dan seleksi yang terdiri dari pihak yayasan dan pihak sekolah akan membentuk tim rekrutmen, tim rekrutmen yang menentukan prosedur pendaftaran, dan kelengkapan administrasi juga menyeleksi pelamar yang sesuai dengan kualifikasi agar dapat memperoleh pendidik yang berkualitas, (2) hasil dari pembinaan akademik akan berdampak pada kinerja pendidik, untuk itu dalam pelaksanaannya perlu benar-benar dikontrol dengan benar, sehingga hasil dari pembinaan akademik dapat menjadi contoh murid dan dapat meningkatkan kualitas pendidik, (3) pelaksanaan penilaian kinerja dilakukan pimpinan sekolah dengan kunjungan kelas dan pengamatan, serta merumuskan berbagai permasalahan yang ditemui dan mendiskusikan kekurangan dari pendidik dengan tujuan meningkatkan kompetensi dan kualitas yang dimiliki pendidik.
Kata kunci : manajemen sumber daya pendidik dan kualitas pendidik
SS00019404 | SK 19404 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain