Text
Hubungan konsep diri dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII TITL SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta
ABSTRAK
Tommy Saputra. Hubungan Konsep Diri dan Prestasi Belajar Dengan Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII TITL, Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektro – Fakultas Teknik – Universitas Negeri Jakarta, Dosen Pembimbing 1 Prof. Dr. Suyitno, M.Pd. dan Dosen Pembimbing 2 Drs Irzan Zakir, M.Pd.
Keberhasilan suatu proses untuk menentukan siap atau tidaknya siswa dalam bekerja dapat ditentukan oleh tinggi rendahnya prestasi belajar mahasiswa yang dapat dilihat dari prestasi belajar siswa dan konsep diri siswa. Terlihat dari Siswa SMK Kemala bhayangkari dengan dikitnya jumlah lulusan yang telah bekerja setelah mereka lulus. Dan itu faktor dari konsep diri mereka yang tidak teratur dan juga prestasi belajar mereka yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara konsep diri dengan kesiapan kerja; (2) Hubungan antara prestasi belajar dengan kesiapan kerja; (3) Hubungan antara konsep diri dan prestasi belajar dengan kesiapan kerja siswa kelas XII TITL
Jenis penelitian adalah kuantitatif, yaitu metode expost facto dengan mengetahui hubungan sebab akibat dengan menyebarkan menggunakan data primer dan data sekunder. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik Sebanyak 84 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif asosiatif. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data primer dengan kuesioner (angket); dan data sekunder nilai rapor mata pelajaran instalasi motor listrik dari guru pengampu. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana product moment dan regresi ganda dan uji t dengan taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan kesiapan kerja, hasil pengujian thitung (2,55) > ttabel (1,99) dengan kontribusi sebesar 5,81%; (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar dengan kesiapan kerja siswa, thitung (2,86) > ttabel (1,99) dengan kontribusi sebesar 9,12%; (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan prestasi belajar secara simultan dengan kesiapan kerja , hasil pengujian thitung (8,64) > ttabel (3,11) dengan kontribusi sebesar 14,59%.
Kata kunci : Konsep diri, Prestasi belajar, Kesiapan Kerja
SS00019251 | SK 19251 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain