Text
Evaluasi program pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi
EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN
TINGKAT IV DI PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (PUSDIKLAT)
KEMENTERIAN RISET TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
(2019)
NYOMAN INTAN CESARRA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penyelenggaraan program Diklat
Kepemimpinan Tingkat IV yang dilaksanakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan
(PUSDIKLAT) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Penelitian
evaluasi program ini menggunakan model evaluasi Context, Input, Process, dan
Product (CIPP) dengan pendekatan deskriptif-evaluatif. Teknik pengumpulan data
melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Subjek penelitian ini adalah
penyelenggaraan diklat, pengajar, dan alumni Diklat Kepemimpinan Tingkat IV. Uji
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV telah
berjalan dengan baik sesuai aspek yang dievaluasi. 1) Pada aspek evaluasi context
telah berjalan dengan baik sesuai aspek yang dievaluasi. 2) Pada aspek evaluasi
input, bahwa penyelenggaraan Diklat telah menjalankan tanggung jawab seperti yang
diatur dalam pedoman Diklat, meskipun masih harus ditambah jumlah sumber daya
manusia untuk meningkatkan pelayanan Diklat. Selain itu, penambahan ruang kelas
dan ruang belajar pada aspek sarana dan prasarana, dan membuat sistem
pelayanan adminitrasi Diklat. 3) Pada aspek process, penyelenggaraan diklat telah
sesuai dengan petunjuk pelaksanaan pelatihan. 4) Pada aspek product, Pusdiklat
telah mencapai tujuan program yaitu meningkatkan kompetensi ASN dan juga hasil
laporan evaluasi Diklat yang menunjukan bahwa Diklat sudah berjalan dengan baik.
Kata Kunci: Evaluasi Program, CIPP, Diklat Kepemimpinan IV.
SS00019413 | SK 19413 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain