Text
Peran guru anak usia dini terhadap perilaku bullying anak usia 5-6 tahun di BKB PAUD Melati Putih : penelitian studi kasus
Peran Guru Anak Usia Dini
Terhadap Perilaku Bullying Anak Usia 5-6 Tahun
(Studi Kasus pada BKB PAUD Melati Putih)
(2019)
Qonita Amalia
ABSTRAK
Penelitian studi kasus ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai peran guru terhadap perilaku bullying anak usia 5-6 tahun yang berada di BKB PAUD Melati Putih Jakarta Timur, sampel dalam penelitian ini adalah dua anak berusia 5-6 tahun dan satu guru kelas. Pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam menghadapi perilaku bullying anak usia 5-6 tahun adalah (1). Membangun keterampilan social seperti melakukan peer group support dan menanamkan sikap empati (2). Menindak lanjuti prilaku bullying, (3).Memberikan dukungan social baik bagi pelaku dan korban (4).Melakukan pengawasan dilingkungan anak. Hasil ini menunjukan bahwa peran guru dalam menghadapi perilaku bullying adalah membangun keterampilan sosial, menindak lanjuti perilaku bullying, melakukan pengawasan dilingkungan anak, dan perilaku bullying dibagi menjadi tiga jenis 1).Perilaku bullying secara verbal seperti meledek dan berkata kasar, 2) perilaku bullying secara fisik seperti menendang, memukul, mencubit, 3) perilaku bullying secara sosial/relational seperti dikucilkan, dijauhi, tidak dibolehkan ikut bermain. Kata Kunci: Peran guru, Perilaku Bullying, Anak usia 5-6 tahun
SS00019547 | SK 19547 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain