Text
Hubungan antara Indeks Massa Tubuh (IMT) anak sekolah dengan aktivitas belajar siswa kelas V di Kelurahan Cilandak Timur : studi korelasional di SDN Cilandak Timur 01 Pagi Jakarta Selatan
HUBUNGAN ANTARA INDEKS MASSA TUBUH (IMT) ANAK SEKOLAH DENGAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V DI KELURAHAN CILANDAK TIMUR
(Studi Korelasional di SDN Cilandak Timur 01 Pagi Jakarta Selatan)
Ainun Lutfi Alfiatin
ABSTRAK
Penelitian Korelasi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Indeks Massa Tubuh dengan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SD di Kelurahan Cilandak Timur. Penelitian ini mengambil sampel siswa kelas V-B SDN Cilandak Timur 03 Pagi pada tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa yang dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan yaitu survey dengan teknik korelasi. Data dikumpulkan melalui pengujian hipotesis, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar -0,439 dan koefisien determinasi sebesar 31,3%. Hasil penelitian menunjukan bahwa Indeks Massa Tubuh berhubungan dengan Aktivitas Belajar Siswa kelas V SD di kelurahan Cilandak Timur yang ditunjukan bentuk hubungan antara variabel IMT dengan aktivitas belajar siswa memiliki persamaan regresi Y=1,231-0,032X . Hasil tersebut dapat diartikan bahwa Indeks Massa Tubuh merupakan salah satu komponen yang berpengaruh terhadap tingkat Aktivitas Belajar siswa. Sehingga dapat dilihat bahwa semakin baik nilai Indeks Massa Tubuh siswa maka semakin tinggi pula tingkatan Aktivitas Belajar yang dilakukannya. Implikasi pada penelitian ini adalah Indeks Massa Tubuh siswa mempengaruhi tingkatan Aktivitas Belajar yang dilakukan siswa di sekolah.
Kata Kunci : Indeks Massa Tubuh (IMT), Aktivitas Belajar Siswa
SS00019556 | SK 19556 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain