Text
Pengembangan media video dalam pembelajaran seni budaya dan prakarya untuk kelas IV sekolah dasar
Pengembangan Media Video Dalam pembelajaran
Seni Budaya dan Prakarya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
(2019)
Sabitatul Milah
ABSTRAK
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menambah pengetahuan yang menyeluruh dalam media pembelajaran video untuk mengetahui karya seni rupa pada materi teknik tempel. Hasil pada media video ini dalam bentuk Dvd. Media Video pembelajaran ini diharapkan dapat memudahkan siswa dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta diharapkan dapat mengatasi kelemahan metode demonstrasi dan keterbatasan waktu serta dapat menginspirasi peserta didik dalam menemukan dan menciptakan suatu karya seni. Media Video ini tidak hanya digunakan dalam ruang kelas tetapi dapat juga digunakan untuk belajar mandiri di rumah. Penelitian dan Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Model Pengembangan Borg and gall terdiri dari sepuluh tahap, menggunakan evaluasi formatif. Dalam tahap evaluasi produk dilakukan dengan teknik memberikan kuesioner kepada tiga ahli, selanjutnya evaluasi ini melakukan tiga tahap uji coba,yaitu uji lapangan awal, uji lapangan dan uji pelaksanaan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat dikatakan video pembelajaran ini baik secara formatif. Pengembangan media video imi diharapkan dapat berdampak baik dalam menanamkan kreatifitas dan motivasi dalam belajar.
Kata Kunci: Pengembangan Media Video, Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya, Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.
SS00019521 | SK 19521 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain