Text
Pengaruh metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Perancis siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 59 Jakarta
ABSTRAK
Qori Hafiza Alhusna. 2019. Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Prancis Siswa Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 59 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Prancis siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 59 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (Quasi Experimental research) yang menggunakan desain kelompok kontrol tanpa pra tes (randomized control group only pascatest design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Negeri 59 Jakarta yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang diambil secara random dua kelas yaitu kelas XI MIA 2 sebanyak 30 siswa, sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan (treatment) dan kelas XI MIA 1 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan (non treatment). Data penelitian ini merupakan data kuantitatif, yaitu nilai kemampuan membaca pemahaman bahasa Prancis siswa kelas XI MIA 2 dan XI MIA 1. Data dianalisis dengan rumus rata-rata hitung dan uji-t untuk mengetahui pengaruh metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Prancis siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 59 Jakarta.
Berdasarkan pengujian data menunjukkan bahwa adanya pengaruh metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Prancis siswa kelas XI MIA 2. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata hitung kelas XI MIA 2 (kelas eksperimen) lebih tinggi yaitu 19,3667 dibandingkan dengan kelas XI MIA 1 (kelas kontrol) yaitu 17,4667. Selanjutnya, hasil penghitungan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 didapat ( ) maka H0 ditolak, yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Prancis siswa.
Kata kunci :kemampuan membaca pemahaman, SQ3R
SS00019623 | SK 19623 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain