Text
Exploring high order thinking skills in EFL learning activities
ABSTRAK
RIBKA NADIA INGGRIDA. 2018. Mengeksplorasi kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Juli 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Kegiatan Belajar Mengajar berdasarkan Taksonomi Bloom yang Telah Direvisi. Penelitian ini dilakukan dari februari hingga Juli 2018. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif yang menggunakan deskripsi data. Data penelitian adalah 40 kegiatan. Sumber data adalah kegiatan belajar mengajar yang diterapkan oleh guru di 72 SMA. Instrumen penelitian adalah tabel kognitif dan dimensi pengetahuan yang diadaptasi dari Krathwohl (2002). Tabel berisi enam tingkat dimensi proses kognitif: Mengingat, Memahami, Menerapkan, Menganalisis, Mengevaluasi, dan Menciptakan. Dan terdiri dari empat dimensi pengetahuan yaitu: Pengetahuan faktual, Pengetahuan Konseptual, Pengetahuan Prosedural dan Pengetahuan Meta-kognitif. Temuan menunjukkan 35 kegiatan berada pada level kemampuan berpikir rendah sementara 5 kegiatan berada pada kemampuan berpikir tinggi. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar mengajar untuk kelas X di SMA 72 belum mendorong pemikiran tingkat tinggi.
Kata Kunci: Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, Kegiatan Belajar Mengajar, Bloom Taksonomi Taksiran, Berpikir Tingkat Tinggi
SS00019627 | SK 19627 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain