Text
Media katakan bismillah untuk pengenalan huruf hijaiyah bagi siswa tunagrahita
MEDIA KATAKAN BISMILLAH UNTUK PENGENALAN HURUF HIJAIYAH BAGI SISWA TUNAGRAHITA
(2019)
SEPTI ADELIA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran edukatif katakan Bismillah untuk membantu pengenalan huruf-huruf Hijaiyah bagi siswa Tunagrahita. Media katakan Bismillah merupakan media pengenalan huruf hijaiyah dalam bentuk papan permainan ular tangga yang dapat disesuaikan dengan kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Media katakan Bismillah di validasi oleh tiga ahli, yaitu: ahli media, ahli materi dan ahli siswa Tunagrahita dengan persentase keberhasilan 75% oleh ahli materi, 90% oleh ahli media, dan 86% oleh ahli siswa Tunagrahita. Dari hasil tersebut para ahli menyatakan bahwa media katakan Bismillah memiliki kualitas sangat baik. Media katakan Bismillah diujicobakan kepada 2 orang siswa kelas I SD di SLBN Depok. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa media katakan Bismillah dapat digunakan dalam membantu pengenalan huruf-huruf Hijaiyah siswa Tunagrahita. Diharapkan guru dapat memanfaatkan media pembelajaraan katakan Bismillah ini dengan baik.
Kata kunci: media katakan Bismillah, Huruf Hijaiyah, Siswa Tunagrahita
SS00019524 | SK 19524 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain