Text
Motivasi peserta didik SMP dalam mengikuti bimbingan belajar di bimbingan belajar edukasi
MOTIVASI PESERTA DIDIK SMP DALAM MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DI BIMBINGAN BELAJAR EDUKASI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar motivasi peserta didik mengikuti bimbingan belajar, serta mengikuti faktor pendukung yang mempengaruhi motivasi peserta didik mengikuti program bimbingan belajar di bimbingan belajar Edukasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survey dengan teknik deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan dilakukan dengan menggunakan angket, observasi yang digunakan sebagai data pendukung. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik di bimbingan belajar edukasi. Populasi dari penelitian ini yaitu 30 orang dimana semua peserta didik dijadikan sampel dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi ekstrinsik lebih dominan untuk memberikan dorongan yang berasal dari luar diri sendiri, motivasi mengikuti bimbingan belajar mempunyai makna untuk menambah pengetahuan dan membantu kesulitan yang dialami oleh peserta didik.
Kesimpulannya bimbingan belajar ini mampu untuk membantu kesultan belajar yang dialami peserta didik di pendidikan formal (sekolah) dengan adanya motivasi ekstrinsik yang memberikan dorongan yang berasal dari luar dirinya sendiri.
Kata kunci : Motivasi peserta didik SMP dalam mengikuti bimbingan belajar.
SS00019528 | SK 19528 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain