Text
Pengembangan modul membaca bahasa Prancis berdasarkan situs-situs Francais Langue Etrangere untuk siswa SMA kelas X
ABSTRAK
Inarotul Nguyun, 2018. Pengembangan Modul Membaca Bahasa Prancis Berdasarkan Situs-situs Français Langue Étrangère untuk Siswa SMA Kelas X. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul membaca bahasa Prancis berdasarkan situs-situs Français Langue Étrangère (FLE) sesuai silabus kurikulum 2013 bagi siswa SMA Kelas X .
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Pengembangan modul ini dilakukan melalui 3 tahapan yaitu planning, production and evaluation. Pertama, planning dilakukan setelah wawancara ke sekolah dan menemukan permasalahan, selanjutnya mengumpulkan data-data dari berbagai situs FLE dan menyusun modul dengan tema yang ada pada silabus kurikulum 2013. Pada tahap ketiga, uji validasi dua tahap yang dilakukan oleh dosen ahli, 2 guru bahasa Prancis dan penilaian siswa dengan menggunakan standar penilaian dari BSNP. Kemudian menghitung hasil skor penilaian dan mendeskripsikan hasil kelayakan modul.
Modul terdiri dari 8 tema yaitu se saluer, se présenter, donner l’identité, situer dans le temps, les endroits publics, décrire une personne ou une chose, instructions et panneaux dan parole d’une chanson.
Berdasarkan skor dari empat aspek penilaian, modul ini mendapatkan skor rata-rata 3,99 dari 5 dengan persentase kelayakan 80% yang berarti termasuk dalam kategori “baik”. Dengan demikian, Modul Membaca Bahasa Prancis Berdasarkan Situs-situs Français Langue Étrangère Untuk Siswa SMA Kelas X layak digunakan.
Kata kunci : pengembangan, modul membaca bahasa Prancis, situs Français Langue Étrangère
SS00019609 | SK 19609 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain